Depok, (Antara Megapolitan) - International Office atau Kantor Internasional Universitas Indonesia (UI) menggelar pameran bertajuk "UI Insight and Global Opportunities Fair 2015: Your Gateway to Connect to the World" yang diikuti oleh 19 kampus dari sembilan negara.

Rektor UI Muhammad Anis di Depok, Rabu, mengatakan pelaksanaan UI Insight dan Global Opportunities Fair sebagai upaya merealisasikan visi UI sebagai universitas kelas dunia.

Ia mengatakan UI menempatkan pendidikan berbasis penelitian sebagai pusat kehidupan universitas.

Untuk itu, UI senantiasa menggiatkan kerja sama dengan sejumlah universitas mitra ternama di berbagai belahan dunia agar mampu menciptakan solusi atas tantangan yang dihadapi Indonesia dan dunia.

"Dengan terselenggaranya kegiatan ini, maka diharapkan dapat terus meningkatkan kerja sama global yang baik dan kuat antarstaf pendidik, periset, maupun mahasiswa UI dengan rekan-rekan universitas partner di seluruh dunia," katanya.

UI Insight and Global Opportunities Fair 2015 berlangsung selama dua hari yaitu 9-10 September 2015 di Balairung UI kampus Depok.

Peserta pameran tersebut di antaranya University of Twente, Australian National University, Osaka University, University of Queensland, Groningen University.

Selain universitas dan institusi mitra UI, seluruh fakultas yang ada di UI juga berpartisipasi dalam pameran tersebut dengan menampilkan ragam program akademik dan hasil riset serta inovasi yang dimiliki.

Acara tersebut merupakan sebuah pameran pendidikan dan penelitian terbuka bagi pelajar SMA, mahasiswa, maupun masyarakat umum yang menghadirkan 24 peserta pameran yang terdiri atas UI, 18 universitas luar negeri, dan lima institusi partner UI.

Pameran ini memberikan kesempatan yang luas bagi para calon mahasiswa, mahasiswa maupun pendidik dan peneliti UI dan perguruan tinggi lainnya untuk meraih informasi terkait beasiswa, kesempatan studi.

Selain itu juga peluang pertukaran pelajar, hibah penelitian dan peluang kerja sama lainnya dalam rangka mengembangkan pendidikan dan penelitiannya ke lingkup internasional.

UI Insight and Global Opportunities Fair 2015 diharapkan mampu memberikan pengalaman akademis yang berharga serta terbangun interaksi dan jaringan internasional yang kuat antar UI melalui anggota fakultasnya dengan universitas terkemuka di berbagai negara

Sementara itu Kepala Kantor Internasional UI yang juga Ketua Panitia UI Insight and Global Opportunities Fair 2015 Prof Melda mengajak seluruh mahasiswa UI maupun mahasiswa perguruan tinggi lainnya untuk datang ke pameran ini agar dapat melihat peluang dan dapat terhubung dengan jaringan pendidikan internasional yang tersebar di berbagai negara.

Ia mengatakan pengembangan pendidikan terbaik adalah berkolaborasi dengan berbagai negara baik di tingkat regional maupun internasional.

"Kami sangat bangga dapat menghadirkan para perwakilan universitas yang berasal dari Australia, Belanda, Jerman, Perancis, Inggris, Jepang, Korea Selatan dan lainnya agar seluruh masyarakat dapat melihat dan merasakan peluang pendidikan global," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015