Pamekasan (Antara Megapolitan) - Ribuan orang membantu memadamkan kebakaran bangunan Pondok Pesantren Darul Karomah di Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (8/9) malam.

Mereka bergotong-royong memadamkan kobaran api di pondok pesantren asuhan KH Achmad Hanafi Hasbullah itu. 

Ribuan warga ini berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Bahkan beberapa warga terlihat membawa air dari rumahnya masing-masing. Berkat kekompakan masyarakat, api berhasil dijinakkan selama satu jam. 

Salah seorang pengurus pondok pesantren itu, Sunairi, mengatakan, kebakaran di pondok diketahui saat para santri berada di masjid, hendak menunaikan shalat isya berjamaah.

"Santri di sini mengetahui saat api sudah membesar," kata Sunairi.

Selanjutnya para santri bersama masyarakat yang hendak berjamaah di masjid pesantren itu berupaya memadamkan kobaran api dan sebagian santri lain mengabarkan melalui pengeras suara. Sehingga dalam hitungan menit ribuan warga berbondong-bondong membantu memadamkan kebakaran itu.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, namun tiga lokal pondok pesantren yang terbuat dari gedek ludes terbakar. Belum diketahui penyebab kebakaran pondok pesantren putra ini, diduga akibat sambungan arus pendek listrik. 

Pewarta: Abd Aziz

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015