Bogor, (Antara Megapolitan) - Sejumlah anggota Polisi Wanita (Polwan) Polres Bogor Kota, Jawa Barat, berpatroli memantau dan mengatur arus lalu lintas dengan menggunakan motor gede (Moge) dalam rangka memperingati HUT ke-67 Polwan, Selasa.

"Patroli menggunakan moge atau motor gede ini umumnya dilakukan oleh Polisi laki-laki, tetapi di Polres Bogor Kota sudah ada beberapa Polwan yang melakukan patroli menggunakan kendaraan operasional polisi jalan raya ini," kata Kompol Lusi Septiningsi, Kepala Bagian Perencanaan Polres Bogor Kota.

Menurut Kompol Lusi, sejak beberapa bulan yang lalu, setiap pagi Polwan di Polres Bogor mendapat tugas melakukan patroli mengatur arus lalu lintas bersama sejumlah anggota polisi laki-laki. Mereka dilengkapi kendaraan operasional berupa motor gede, motor Trail, dan dua unit mobil patroli jalan raya.

"Saat ini Polwan sudah memiliki tugas yang sama dengan Polisi laki-laki. Kesetaraan antara polisi laki-laki maupun wanita sudah terlihat. Ini menjadi tangung jawab Polwan untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat," katanya.

Selain berpatroli menggunakan kendaraan Moge, sejumlah anggota Polwan juga menggelar aksi simpatik membagikan bunga kepada masyarakat yang melintas. Aksi tersebut mendapat perhatian sejumlah masyarakat dan awak media.

"Aksi berpatroli menggunakan Moge untuk memperlihatkan Polwan juga memiliki kemampuan yang sama dengan polisi laki-laki. Dan pemberian bunga ini upaya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, dengan keramahan, senyum dan mengayomi," kata Lusi.

Wakapolres Kompol Satya Widi Widayadi mengatakan, peringatan HUT ke-67 Polwan tahun ini cukup istimewa dengan dibangunnya monumen Polwan di Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Hal ini sebagai penanda bahwa polisi wanita memiliki peran yang sangat strategis.

"Polwan dituntut memiliki integritas yang tinggi, profesional dalam menjalan tugas, proposional dan bermoral yang baik," kata Kompol Satya.

Ia mengatakan, saat ini Polwan sudah mengikuti perkembangan dunia, dulu belum ada anggota Polwan yang memegang jabatan tertinggi seperti Kapolsek, Kapolres, hingga Kapolda. Dan saat ini salah satu anggota Polwan senior juga mendaftar sebagai pimpinan KPK.

"Polwan diharapkan senantiasa tingkatkan iman dan taqwa, meningkatkan profesionalisme, dilandasi integritas moral, karakter dan jati diri sesuai norma yang berlaku di masyarakat," katanya.

Selain itu juga, Polwan diharapkan dapat mengubah pemikiran untuk menjadi lebih humoris, simpatik dan konsisten, menjaga martabat Polwan dan menghindari pelanggaran sehingga citra Polri semakin positif di masyarakat.

Peringatan HUT ke-67 Polwan tingkat Polres Bogor berlangsung dalam suasa kekeluargaan diikuti seluruh anggota yang berjumlah 110 orang. Acara ditutup dengan kegiatan tukar kado yang sudah menjadi tradisi sejak tiga tahun ini. Kado yang diberi bernilai tidak kurang dari Rp25 ribu rupiah. Beberapa kado berisi pakai dalam berupa bra, sendal jepit, botol air minum, jilbab, baju, pasmina, botol parfum, wajan penyimpan sayur dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015