Penyandang disabilitas merupakan salah satu kelompok rentan yang perlu diperhatikan dan diprioritaskan dalam pemberian vaksin COVID-19. Sebagai bentuk dukungan pada pelaksanaan vaksinasi yang digalakan oleh Pemerintah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon lakukan pendampingan bagi disabilitas yang melakukan vaksin di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pulomerak pada Senin lalu (19/7/2021).

Para penyandang disabilitas yang tergabung di Persatuan Tuna Netra (Pertuni) Cilegon dan Disabilitas Creative Banten mendapat pendampingan oleh PMI Kota Cilegon untuk mendapatkan vaskinasi kedua setelah dosis pertama yang didapatkan pada tanggal 17 Juni 2021 lalu di Alun-alun Kota Cilegon yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Cilegon dengan dijemput dari tempat tinggal masing-masing untuk dapat sampai di lokasi serta memberikan bantuan untuk pengisian berkas administrasi.

Baca juga: PMI bangun selter isolasi berbasis komunitas di permukiman padat DKI Jakarta
Baca juga: Jusuf Kalla: Jakarta butuh 500 donor plasma konvalesen per hari

"Kegiatan pendampingan ini bukan kali pertama, sejak sebelum pandemi kita kita telah banyak melakukan pendampangan kegiatan para disabilitas seperti meningkatkan kapasitas keterampilan tangan. Ini merupakan wujud kepedulian kami kepada kelompok disabilitas merupakan salah satu kelompok rentan yang perlu diperhatikan dan diprioritaskan dalam penerimaan vaksin yang sedang digalakan oleh pemerintah. Oleh karena itu, PMI Kota Cilegon siap membantu pendampingan kegiatan vaksinasi di Kota Cilegon,” kata Nurlela Sari dari Divisi Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI Kota Cilegon.

Protokol kesehatan 6M yang ketat seperti penggunaan masker wajah, mencuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disediakan, serta memastikan untuk selalu menjaga jarak saat mengisi formulir administrasi hingga menyediakan area tunggu untuk surat vaksin diimplementasikan demi untuk mengurangi penyebaran COVID-19 selama kegiatan berlangsung.

Baca juga: Palang Merah tingkatkan bantuan dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia

Mendukung pemerintah dalam upaya pemberian vaksinasi khususnya kepada kelompok rentan serta dengan berkelanjutan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengimplementasikan protokol kesehatan menjadi prioritas bagi Palang Merah Indonesia untuk dapat menekan penyebaran kasus COVID-19 di Indonesia.

Pewarta: PMI/Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021