Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Edie Toet Hendratno menyatakan perlu adanya arah perubahan yang dilakukan sehingga UP dapat mempercepat proses dalam mendapatkan Akreditasi Internasional.

Hal tersebut dikatakan PRof Edie Toet ketika memberi sambutan pada acara Bincang Kampus yang digelar oleh Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional (LHKI) Universitas Pancasila menyelenggarakan kegiatan “Bincang Kampus: Sudah Siapkah Universitas Pancasila Menuju Akreditasi Internasional?” 

Kegiatan ini diikuti oleh Sivitas Akademika Universitas Pancasila baik pada tingkat fakultas maupun Rektorat, kegaiatan ini dilaksanakan secara daring. Kegiatan sebagai Tuan rumah kegiatan bincang kampus Prof. Dr. Eddy Pratomo S.H., M.A. selaku Kepala LHKI memberikan welcoming remarks.

Ia menyampaikan mengenai tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman seluruh elemen Sivitas Akademika UP dan menyamakan persepsi akan urgensi UP untuk memperkuat dan mengembangkan hubungan serta kerja sama internasional.

Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Agus Setyo Budi M.Sc. Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis M.Met. Plt. Ketua Pengurus Yayayasan Pendidikan dan Pembina UP, Prof. Dr. Satria Bijaksana selaku ASEAN University Network Council Member/Assesor, dan Duta Besar Mulya Wirana S.H. selaku Wakil Kepala LHKI UP. 

Baca juga: FHUP gelar pendidikan dasar prakualifikasi profesi diplomat

Berdasarkan hasil pemaparan yang disampaikan para narasumber, maka secara umum UP telah memiliki modal yang cukup untuk menuju internasionalisasi perguruan tinggi, mengingat kegiatan yang diselenggarakan selama ini sudah sesuai dengan tahapan yang ada dalam renstra UP.

Dalam paparannya Prof Agus menyampaikan hal yang menjadi kunci kesuksesan dari proses ini adalah kesiapan SDM terutama ketersediaan para dosen dengan jenjang akademik Lektor Kepala dan Guru Besar, serta peningkatan jenjang pendidikan S3 bagi para dosen. 

Baca juga: Universitas Pancasila buka vaksinasi tahap kedua

Oleh karena itulah Prof. Dr. Sri Widyastuti, SE., MM., M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UP menyampaikan bahwa saat ini UP telah aktif mendorong para dosen untuk segera studi lanjut dan saat ini sudah banyak dosen UP yang sedang menempuh pendidikan S3 di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta, baik di dalam maupun luar negeri, sehingga diharapkan dalam 2-3 tahun kedepan UP sudah bisa “panen” dosen dengan jenjang pendidikan S3.
 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021