Depok, (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Depok Jawa Barat menerima penghargaan sebagai Kota Layak Anak 2015 kategori Madya di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (11/8/). 
Penerimaan penghargaan tersebut bertepatan dengan acara puncak peringatan Hari Anak Nasional.

Acara yang mengambil tema “Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak” itu dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beserta ibu negara, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, gubernur, walikota, bupati, dan undangan lainnya.

Kota Depok mendapat penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dengan kategori Madya setelah sebelumnya dua kali berturut-turut meraih penghargaan yang sama dengan kategori Pratama. 

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan prestasi dari seluruh warga Depok yang memang peduli dari awal.

"Kita berjuang untuk memperbaiki program-program kepedulian kita terhadap pendidikan anak, kemudian membesarkan anak, mendewasakan anak, menempatkan anak sebagai potensi aset masa depan kita," katanya.

Depok yang telah melahirkan Perda Kota Layak Anak atau Perda Penyelenggaraan Kota Layak Anak terus memperbaiki proses-proses pembentukan RW Layak Anak dengan lebih dulu membentuk lima RW Layak Anak.

Wali Kota mengatakan dua tahun yang lalu kita telah mendapatkan penghargaan kategori Pratama, dan Alhamdulillah dua tahun kemudian Kota Depok mendapatkan penghargaan pada kategori Madya.
  
Penghargaan ini diraih setelah kita makin sungguh-sungguh lagi memperbaiki program-program kita, sampai pembentukan RW Layak Anak di seluruh kelurahan masing-masing minimal satu, dan alhamdulillah sekarang sudah ada 79 RW Layak se-Kota Depok dari 63 kelurahan dan alhamdulillah.

Penghargaan sebagai Kota Layak Anak ini diberikan kepada kabupaten/kota yang memiliki komitmen untuk mewujudkan KLA, seperti Kota Depok yang berkomitmen tinggi untuk mewujudkannya, dengan menjadikan KLA bagian dari salah satu program unggulan, yakni Depok Kota Layak Anak. 

Penghargaan itu terdiri dari lima kategori, yaitu KLA, Utama, Nindya, Madya, dan Pratama.

Nur Mahmudi mengatakan kedepannya ia berharap Depok senantiasa terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas program anak. 

Pemerintah Kota Depok terus meningkatkan berbagai upaya dalam mewujudkan salah satu program andalannya yaitu Depok sebagai Kota Layak Anak. Hal tersebut dilakukan guna memberikan kesadaran akan pentingnya hak-hak yang harus diterima seorang anak dan berbagai kewajiban yang harus dipenuhi terhadap anak.

"Kami terus bertekad bersama dalam menyempurnakan sarana dan prasarana penunjang keberlangsungan program layak anak di Kota Depok," ujarnya.

Dalam hal ini, berbagai tindakan yang dilakukan Pemerintah Kota Depok dalam meningkatkan program tersebut yaitu menambah jumlah RW yang ada di Kota Depok menjadi RW layak anak.

Kota yang terkenal dengan ikon belimbingnya ini sedang membangun pengadilan untuk anak-anak, sehingga seluruh anak nantinya mendapatkan perlakuan yang layak. Selanjutnya, Depok juga akan membangun rumah singgah untuk perlindungan anak di Polisi Resort (Polres) Kota Depok pada tahun 2016 mendatang.

Adanya berbagai ikhtiar yang dilakukan tersebut, Nur Mahmudi berharap seluruh anak di Kota Depok mendapatkan haknya dengan baik, sehingga mereka mampu menjadi anak yang mandiri, memiliki kompetisi baik, serta menjadi generasi penerus yang berguna untuk bangsa dan negara.

"Semoga seluruh tekad yang dilakukan Pemerintah Kota Depok dalam mewujudkan Program Kota Layak Anak dapat berkesinambungan demi memenuhi seluruh kebutuhan anak," katanya.

Ia berharap seluruh warga Kota Depok dapat mengetahui seluruh tahapan pencapaian penghargaan Kota Layak Anak sehingga dapat memberikan hak-hak anak dan memenuhi kewajiban anak dalam menjadikan anak yang mandiri, memiliki kompetisi baik, serta siap memikul beban bangsa dan negara pada masa yang akan datang.

Mantan alumni IPB ini juga berharap semoga tidak hanya dari Pemerintah Kota saja yang berperan, tetapi seluruh warga dapat berkontribusi membangun Kota Depok untuk menjadi kota layak anak dan menjaga nama baik kotanya. (ADV)

Pewarta: Diskominfo Kota Depok

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015