Di Kota Bogor pada Rabu hari ini ada enam kasus yang meninggal dunia, sehingga jumlah kasus positif yang meninggal dunia selama pandemi COVID-19 seluruhnya menjadi 306 kasus.

Berdasarkan data COVID-19 pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, pada Rabu hari ini, kasus positif COVID-19 bertambah 341 kasus sehingga total kasus positif seluruhnya selama pandemi COVID-19 ada sebanyak 26.828 kasus.

Dari jumlah total kasus positif, telah sembuh sebanyak 18.127 kasus, sedangkan yang masih sakit ada sebanyak 8.395 kasus, serta 306 kasus meninggal dunia.

Baca juga: Dalam sepekan ada 10 pasien positif COVID-19 meninggal dunia di Kota Bogor

Guna mengantisipasi meningkatnya jumlah kasus positif meninggal dunia, Pemerintah Kota Bogor membentuk Tim Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah COVID-19, yang dipimpin oleh Rino Indira Gusniawan.

Menurut Koordinator Tim Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah COVID-19 Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan, Tim masih menambah anggota untuk mengantisipasi meningkatkan kasus positif yang meninggal dunia.

"Jenazah COVID-19 ini harus cepat dimalasarakan dan dimakamkan, sehingga anggota timnya harus cukup agar tidak kewalahan," kata Rino yang juga Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota bogor ini.

Baca juga: Sembilan orang meninggal akibat COVID-19 di Kota Bogor dalam sepekan

Menurut Rino Indira, anggota tim yang direkrut, baik perwakilan dari lembaga maupun relawan, diberikan pelatihan pedoman tatalaksana pemulasaraan jenazah COVID-19 kepada para relawan.

Rino Indira menjelaskan, untuk menangani satu jenazah pasien COVID-19 diperlukan satu tim beranggota 14 orang, yakni enam orang petugas memandikan jenazah, dua orang sopir ambulans, serta enam orang petugas memakamkan jenazah.

Rina menjelaskan Tim Pemulasaraan Jenazah Pasien COVID-19 Kota Bogor sejak dibentuk pada 2 Juli lalu, tugasnya adalah memulasarakan dan memakamkan jenazah pasien COVID-19, terutama yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya dan meninggal dunia.

Baca juga: Ada sepuluh pasien positif COVID-19 di Kota Bogor meninggal dalam sepekan

Tim Pemulasaraan Jenazah Pasien COVID-19 Kota Bogor menjalankan tugas, mulai dari menjemput jenazah pasien COVID-19 di tempat isolasi mandiri, mengurus pemulasaraan, hingga menguburkannya di pemakaman.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021