Pemerintahan Biden mendorong "solusi kompromi" dalam pembicaraan produksi minyak OPEC+ yang terhenti, kata juru bicara Gedung Putih, Senin (5/7/2021).

Para menteri OPEC+ membatalkan pembicaraan itu pada Senin (5/7/2021) setelah Uni Emirat Arab menolak perpanjangan delapan bulan yang diusulkan untuk membatasi produksi. Empat sumber OPEC+ mengatakan kepada Reuters bahwa belum ada kemajuan menuju kesepakatan.

"Amerika Serikat memantau dengan cermat negosiasi OPEC+ dan dampaknya terhadap pemulihan ekonomi global dari pandemi COVID-19," kata juru bicara Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

“Kami bukan pihak dalam pembicaraan ini, tetapi beberapa pejabat Pemerintah telah terlibat dengan pokok-pokok yang relevan untuk mendesak solusi kompromi yang akan memungkinkan peningkatan produksi yang diusulkan untuk bergerak maju.”

Baca juga: Harga minyak "rebound" setelah OPEC perkirakan produksi AS akan melambat

Kenaikan harga minyak, yang berada di level tertinggi sejak 2018, telah membantu memicu kekhawatiran inflasi. Presiden AS Joe Biden telah menjadikan pemulihan ekonomi dari resesi yang dipicu oleh pandemi virus corona sebagai prioritas utama bagi pemerintahannya.

Kondisi pasar minyak yang stabil diperlukan untuk mendukung pemulihan dan memenuhi tujuan pemerintah untuk energi yang terjangkau dan andal, kata pembantu Biden dengan syarat anonim.

Patokan internasional minyak mentah Brent diperdagangkan di atas 77 dolar AS per barel pada Senin (5/7/2021), atau 1,2 persen lebih tinggi di sesi tersebut.

Baca juga: Minyak naik ke level tertinggi 2 tahun, pasokan Iran tak akan segera kembali
Baca juga: Harga minyak dunia turun karena ambil untung setelah tertinggi 2 tahun

OPEC+, yang mengelompokkan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dengan Rusia dan produsen besar lainnya, sepakat untuk rekor pengurangan produksi hampir 10 juta barel per hari (bph) tahun lalu, setara dengan sekitar 10 persen dari produksi dunia, saat pandemi melanda. Pembatasan secara bertahap dilonggarkan dan saat ini mencapai sekitar 5,8 juta barel per hari.

UEA, kata sumber, pada Jumat (2/7/2021) menerima proposal dari Arab Saudi dan anggota OPEC+ lainnya untuk meningkatkan produksi secara bertahap sekitar 2 juta barel per hari dari Agustus hingga Desember tetapi menolak perpanjangan pemotongan yang tersisa hingga akhir 2022 dari tanggal akhir April tanpa menyesuaikan produksi dasar saat ini.

Pewarta: Apep Suhendar

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021