Bogor, (Antara Bogor) - Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Usmar Hariman mendorong peningkatan upaya pelestarian lingkungan untuk mencegah kekeringan tidak terjadi pada musim kemarau yang akan datang.

"Upaya pelestarian lingkungan harus digalakkan kembali agar kekeringan tidak lagi terjadi di Kota Bogor," kata Usmar di Bogor, Kamis.

Usmar menyebutkan upaya pelestarian lingkungan yang dimaksudkan untuk menjaga agar ketersediaan air bawah tanah di Kota Bogor tetap terjadi. Caranya dengan memperbanyak pembuatan lubang biopori dan sumur resapan.

"Gerakan pembuatan lubang biopori perlu digencarkan lagi, karena biopori ini bermanfaat untuk menangkap air sehingga pada musim kemarau ada cadangan air bawah tanah yang terjaga, begitu juga dengan sumur resapan," katanya.

Ia mengatakan, upaya menggalakkan pembuatan lubang biopori pernah dicanangkan Pemerintah Kota Bogor diakhir 2014, namun belum maksimal. Kini bersama elemen masyarakat ditargetkan pembuatan lima juta lubang biopori di tahun 2015 kembali dilaksanakan.

"Karena belum maksimal, jadi harus lebih digalakkan lagi. Sehingga ketika musim kemarau tiba, kekeringan bisa kita eliminir," katanya.

Selama hampir dua bulan tidak diguyur hujan, sejumlah masyarakat di beberapa wilayah Kota Bogor sempat mengalami kesulitan, seperti Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kedung Halang, dan Gunung Batu.

Upaya untuk mengatasi masyarakat yang kesulitan air telah dilaksanakan, Pemerintah Kota Bogor menginstruksi PDAM Tirta Pakuan untuk menyalurkan air bersih ke wilayah yang kesulitan air.

"Selain menyalurkan air bersih, PDAM juga membuat tangki portable yang dapat menampung kiriman air bisa sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan," kata Usmar.

Selain mendistribusikan air ke wilayah yang mengalami kesulitan air, Pemerintah Kota Bogor bersama masyarakat juga sempat menggelar Shalat Istisqo, memohon diturunkannya hujan Jumat (24/7) lalu.

Kini hujan sudah mulai turun di wilayah Kota Bogor, meski tidak setiap hari, hujan turun dalam sepekan sekali. Beberapa wilayah yang sempat dilanda kekeringan kini sudah bisa mendapatkan sumber air, begitu juga tanaman yang sempat kering kini mulai tumbuh kembali, seperti rumput di Istana Bogor kembali berwarna hijau.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015