Sukabumi, 30/4  - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, tinggal lima persen lagi atau sekitar 100 km jalan yang masih dalam kondisi rusak ringan tersebar di beberapa daerah, dari total panjang jalan provinsi yang mencapai 2.191 km.

"Kami terus melakukan perbaikan jalan provinsi, seperti di daerah Sindang Barang, Cianjur dan beberapa daerah lainnya yang kondisi jalan provinsinya masih rusak," kata Heryawan pada wartawan, di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, saat ini kondisi jalan provinsi yang rusak tersebut dalam kategori rusak ringan seperti berlubang dan bergelombang. Kerusakan tersebut rata-rata disebabkan kondisi cuaca yang buruk seperti curah hujan yang cukup tinggi dan truk bermuatan lebih.

Ia juga mengatakan, khusus untuk Kota dan Kabupaten Sukabumi total panjang jalan provinsi mencapai 259 km dan saat ini kondisinya sudah hampir 98 persen mantap, walaupun ada yang rusak, namun kerusakannya masuk dalam kategori rusak ringan dan tengah dalam perbaikan.

"Kami yakin jalan provinsi bisa 100 persen baik dengan pemeliharaan dan perbaikan jalan secara bertahap dan anggaran yang dikeluarkan untuk itu cukup besar dari APBD Provinsi Jabar," tambahnya.

Dikatakan Heryawan, kondisi jalan provinsi saat ini kemantapannya sudah mencapai 95 persen. Tahun ini pihaknya akan mengucurkan anggaran sebesar Rp600 miliar kepada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Barat dari APBD. Dari anggaran tersebut sekitar Rp500 miliar digunakan untuk biaya pembangunan fisik.

"Jalan provinsi yang ada sekarang ini sama seperti jalan tol kualitasnya seperti di Jabar Selatan, perbaikan dan pembangunan jalan yang awalnya rusak berat saat ini sudah tuntas diperbaiki seperti di daerah Sindang Barang," demikian Heryawan.


Aditya

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012