Depok, (Antara Megapolitan) - Front Pembela Islam (FPI) Kota Depok Jawa Barat akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-3 pada Sabtu (1/8) untuk menjaring para kandidat pimpinan Ormas Islam di kota tersebut.

"Kami akan menjaring sedikitnya tiga calon dan maksimal tujuh calon untuk diajukan ke DPP FPI menjadi ketua FPI di Kota Depok," kata Ketua Tanfidzi DPW FPI Kota Depok Habib Idrus Hasan Algadri di Depok, Jumat.

Ia mengatakan pada Muswil tersebut akan mengundang para tokoh agama lainnya yaitu pimpinan agama Kristen, Hindu dan juga Budha. Selain itu juga para Muspida setempat dan juga para tokoh masyarakat.

"Kami ingin tunjukkan FPI sebenarnya yang bisa berdampingan dengan agama lain," katanya. 

Menurut dia dalam musyawarah wilayah tersebut tidak akan memilih secara langsung ketua tetapi hanya memberikan rekomendasi para kandidat ketua ke DPP, selanjutnya untuk dipilih menjadi ketua.

"Hingga saat ini sudah ada tujuh kandidat yang merupakan masukan dari bawah," katanya.

Ketujuh calon ketua FPI Kota Depok yaitu‎ Ketua Pembina DPW FPI Ustadz Agus Rahmat, Wakil Ketua Bidang Jihad Ahmad Yani, Wakil Ketua Bidang Da`wah Ustadz Ghofur, Wakil Ketua Bidang Nahi Munkar Habib Ja`far bin Syahab.

Selanjutnya Dewan Kehormatan DPC FPI Cilodong Habib Muhammad Syahab, Ketua Dewan Syuro DPC Cilodong Ustdz mukhlis, dan Ketua DPC Pancoranmas Ustadz Aziz Ammi.

"Dari ketujuh kandidat yang terkuat mendapat dukungan adalah Ustadz Agus Rahmat. Namun keputusan DPP akan menentukan siapa yang menjadi pimpinan," katanya. 

Habib menegaskan, ada beberapa penilaian yang dilakukan DPW dan DPP terhadap para calon, diantaranya loyalitas dan perjuangannya selama bergbung dengan FPI. Selain itu yang utama harus punya sifat amanah, jujur, dan tegas.

"Jabatan seorang Ketua DPW FPI tentunya harus diduduki oleh figur memiliki loyalitas yang luar biasa untuk membela kemashalatan umat," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015