Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono akan memberikan kuliah umum kepada mahasiswa vokasi UI pada seri webinar dengan tema Kepemimpinan dan Peluang Usaha di Era Otonomi daerah pada Sabtu (5/6) Pukul 13.00 WIB hingga selesai.

"Saya diminta oleh vokasi UI untuk mengisi salah satu materi pembelajaran bagi mahasiswa untuk memperkenalkan tentang kepemimpinan dan peluang usaha di era otonomi daerah," kata Imam Budi Hartono di Depok, Jumat.

Menurut Imam banyak kalangan pelajar atau bahkan mahasiswa yang belum mengerti tentang otonomi daerah, padahal mereka adalah orang-orang yang menjadi harapan bangsa Indonesia kedepan menjadi seorang pemimpin.

Dikatakannya kuliah di vokasi itu adalah sebuah kuliah yang diharapkan bisa membuka lapangan usaha maka dibuatlah tema kepemimpinan dan peluang usaha di era otonomi daerah.

Dengan webinar ini diharapkan mahasiswa bisa mengerti apa itu otonomi daerah. Memang saat ini sudah berubah jamannya karena dahulu itu sentralistik sekarang menjadi desentralisasi dengan memberikan otonomi di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Prodi Humas Vokasi UI raih juara 2 Comminfest 2021

Untuk itu perlu dijelaskan kepada mereka tentang kemajuan-kemajuan, kewenangan kewenangan yang diberikan pusat oleh daerah sehingga mereka punya gambaran secara utuh tentang apa itu otonomi daerah.

"Sangat sedikit anak muda yang memahami tentang pemerintahan. Mudah-mudahan dengan hadirnya saya disini bisa memberikan informasi yang sejelas-jelasnya tentang apa itu otonomi daerah," katanya.

Di dalam otonomi daerah ini juga kita menghasilkan para pemimpin baru yang sejak tahun 2004 dilakukan pemilihan kepala daerah baru. Dengan adanya undang-undang memungkinkan setiap warga negara Indonesia menjadi seorang pemimpin baik sebagai seorang pemimpin di tingkat kampus maupun ditingkat sebuah kota atau kabupaten, provinsi bahkan menjadi seorang pemimpin di Indonesia yaitu sebagai seorang presiden.

Baca juga: Vokasi UI siapkan tenaga ahli madya asuransi dan aktuaria profesional

"Saya ingin memberikan semangat kepada teman-teman mahasiswa yang sudah aktif di organisasi Insya Allah apa yang sudah dilakukan organisasi akan bermanfaat nanti ketika sudah keluar dari perguruan tinggi," katanya.

Imam mengatakan vokasi ini dibentuk dalam rangka mengantisipasi terhadap peluang-peluang usaha yang harus bisa menjadi bekal sebagai seorang mahasiswa menjadi bekal hidup menjadi modal untuk membuka usaha.

Baca juga: Vokasi UI adakan konsultasi pajak gratis

Saya akan menggambarkan bagaimana peluang peluang di zaman otonomi daerah ini bisa memberikan ide-ide bagus untuk membuat usaha di mana pun di daerah.

Dikatakannya permasalahan di sebuah kota itu bisa menjadi sebuah peluang usaha. Betapa banyak dari masalah yang muncul justru menjadi peluang usaha. Nanti materi yang akan disampaikan di webinar tersebut adalah potensi yang ada di Kota Depok untuk bisa menjadikan peluang usaha di masa yang akan datang.
 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021