Denpasar (Antara Megapolitan) - Delegasi  besar jurnalis Provinsi Hainan (Tiongkok) memuji keindahan objek wisata Pulau Bali dan keramahtamahan masyarakatnya, saat   menerima wisatawan  asing dan domestik yang mengunjungi  daerah berjulukan 'Pulau Surga' tersebut.

""Semua itu menjadi pengalaman berharga, saat Pemerintah Provinsi Hainan sedang bersemangat membangun negeri menjadi objek wisata berkelas Internasional seperti  Bali," ujar Hou Sai, jurnalis Hainan Daily   di Bandara Ngurah Rai Denpasar menjelang  kembali ke negaranya, Sabtu malam.

Ia menjelaskan,  sajak kedatangan kami di Bandara Ngurah Rai, Rabu (22/7) suasana keramahan sudah mulai terasa  seperti kami merasa  sedang berada di negeri sendiri (Hainan), karena gaid dan  saudara kami di Bali menyambutnya dengan  ramah dan penuh keikhlasan.

"Demikian juga saat mengunjungi beberapa objek wisata seperti Pantai Kuta dan sekitarnya, Tajung Benoa, Tanah Lot dan terakhir Bali Safari, bahkan Taman Budaya Denpasar, semua terasa  indah dan menyenangkan serta mengagumkan sekali segala sisi keunikan dan kelengkapan infrastruktur pariwisata di daerah ini," ujarnya.

Menurut dia, objek wisata kelihatan bersih dan banyak pengunjung bangsa asing meramaikan  objek wisata berbaur dengan wisatawan domestik dengan nyaman dan menikmati, para wisatawan juga bisa menikmati kuliner dan beragam suvenir yang mencerminkan ciri khas Bali.                
"Kami akui Bali sangat bagus, tidak heran wisatawan banyak berkunjung ke Bali tentunya Hainan masa depan yang memang diplot untuk pariwisata bisa   seperti kehebatan pariwisata Bali," ujarnya.

Ia mengatakan, Bali memiliki kelebihan di bidang infrastruktur pariwisata  dan keindahan panorama alamnya mengagumkan, namun diakuinya  jaringan transportasi masih  perlu dikembangkan sehingga para wisatawan merasa tetap nyaman  dalam perjalanan menuju ke dan dari objek pariwisata.

Kalau di Hainan, katanya, jaringan transportasi sudah jauh dari cukup untuk mengembangkan pariwisata berkelas internasional, sedangkan infrastruktur pariwisatanya juga sudah berkembang termasuk ivent ivent internasional bidang olahraga, seni dan budaya dan konferensi internasional sudah biasa dilakukan.

"Ajang kegiatan Miss World sudah lima kali dipusatkan di Hainan, sedangkan konferensi internasional para pemimpin Asia plus dunia  dilaksanakan secara terjadwal setiap tahun di sebuah lokasi eksklusif yang mirip kawasan wisata Nusa Dua Bali," ujarnya.

Selanjutnya Bali dan Hainan, menurut Ms Hou Sai,  memiliki potensi besar di bidang  seni dan kebudayaan sebagai daya tarik wisata yang sangat penting. Seperti halnya Bali, Hainan juga melestarikan nilai nilai budaya  tradisi dan benda benda budaya menjadi harmoni dalalam tatanan budaya modern.

Kunjungan delegasi besar dari  sebuah media cetak paling berpengaruh di Hainan ini, dilaksanakan  hampir  dua bulan setelah  10  jurnalis asal  Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dipimpn ketua delegasi I Made Tinggal Karyawan (LKBN Antara) mengunjungi Hainan yang difasilitasi Konjen RRT di Denpasar   Mr Hu Yinquan dan Wakonjen Liu Zhijie Yang Shu.              

Delegasi  Besar Jurnalis yang  diutus  Pemprovi Hainan ke Bali beranggotakan lima orang jurnalis senior Hainan Daily yaitu  ketua delegasi Mr Weng Chaojian dan anggotanya  Ms Hou Sai, Mr Zhou Hualan dan  Ms  Shan Jinggang.

Satu anggota delegasi adalah    Ms Huang Xin, Deputy Director, Information Division of Foreign Affairs Office of Hainan Province  atau  Deputy Direktur Divisi Informasi Kantor Hubungan Luar Negeri  Provinsi Hainan.

Secara keseluruhan Hainan Daily mengerahkan 24 jurnalisnya  yanag dibagi menjadi enam kelompok untuk mengunjungi beberapa negara yanag dianggap penting dalam Kerja Sama Jalur Sutera Abad Ke-21 yang dimotori Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Pewarta: Biro Antara Bali

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015