Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengemukakan pihaknya sedang menyiapkan sekolah sehat bagi siswa-siswi SD dan SMP pada tahun ajaran baru mendatang.

"Nanti akan ada sekolah yang menjadi percontohan untuk sekolah sehat. Saat ini sedang kita rumuskan. Sekolah sehat nantinya akan bekerja sama dengan lembaga internasional," kata Imam Budi Hartono usai rapat kerja daerah (Rakerda) PKS Kota Depok, Minggu.

Baca juga: Kegiatan belajar mengajar di Depok tetap dilakukan secara daring akibat COVID-19 masih tinggi

Menurut Imam, pembukaan sekolah sehat di Kota Depok harus dilakukan secara terencana, penuh kehati-hatian dengan protokol kesehatan yang ketat dan terkoordinasi antara Satgas Penanganan COVID-19 dengan Dinas Pendidikan.

"Kami juga akan melibatkan partisipasi aktif dari orang tua siswa dan para pihak yang berkompeten di bidang pendidikan dan kesehatan," katanya.

Imam yang juga Ketua DPD PKS Kota Depok itu, lebih lanjut mengatakan kasus COVID-19 di Kota Depok landai dan mudah-mudahan bisa semakin menurun.

Baca juga: Pembelajaran tatap muka di Depok akan dibatasi maksimal empat jam

Dikatakannya pihaknya saat ini secara ketat melakukan tracing kepada warga yang pulang kampung dan kembali ke Depok agar kasus COVID-19 bisa terkendali.

"Kita kerja sama dengan RT, RW dan juga kampung Satgas Tanggap Bencana, nantinya Puskesmas akan melakukan tes usap antigen terhadap pemudik, jika positif diminta untuk isolasi mandiri selama tujuh hari," katanya.

Baca juga: Pemkot Depok bahas persiapan penyelenggaraan belajar tatap muka

Fasilitas penanganan COVID-19, kata Imam, masih tetap siap untuk tes usap dilakukan di Puskesmas terdekat, jika terjadi gejala disiapkan tempat di Makara UI dan beberapa rumah sakit untuk penanganan pasien COVID-19.

Pemerintah Kota Depok bersama LemonPotts Sinergia Indonesia, telah menyelenggarakan workshop virtual dengan tema Sekolah Sehat di Masa Pandemi, pada hari Jumat 21 Mei 2021.

Salah satu tujuan dari workshop yang diinisiasi oleh Pemkot Depok ini adalah dalam rangka mencari sinergi penerapan teknologi platform digital dan membantu pembuatan jaminan monitoring keamanan serta kesehatan pembelajaran tatap muka di Kota Depok secara real time.

Pertemuan dihadiri oleh Imam Budi Hartono (Wakil Walikota Depok), Muhammad Thamrin (Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok), Dadang Wihana (Kepala Divisi Kebijakan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok) dan Tim dari LemonPotts.

LemonPotts adalah start-up besutan alumni Universitas Indonesia (UI) yang berdiri pada tahun 2020, menawarkan solusi platform digital “Bee Well” berfokus pada teknologi monitoring kesehatan siswa dan infrastruktur sekolah.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021