Bogor, (Antara Megapolitan) - Wali Kota Bogor, Jawa Barat Bima Arya Sugiato mengajak masyarakat di daerahnya untuk merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1436 Hijriah/2015 M secara sederhana tidak berlebihan, menyatukan diri dengan alam agar tercipta rasa syukur atas karunia Tuhan.

Ajakan ini disampaikan oleh Bima Arya pada kegiatan Safari Ramadhan berupa shalat Tarawih Keliling (Tarling) di Masjid Al Muhibbin, Tegal Manggah, Kelurahan Tegal Lega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin malam.

"Jelang lebaran saat mudik usahakan untuk mengecek kondisi rumah, listrik, air, pintu dan jendela pastikan semua aman. Jangan berlebihan saat mudik lebaran, tidak mengenakan perhiasan yang mencolok dan membawa uang tunai secukupnya," kata Bima.

Kegiatan Tarling Wali Kota Bogor kali ini merupakan kegiatan penutup dari tiga hari program Tarling yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bogor beserta jajarannya di sejumlah masjid yang ada di wilayah tersebut.

Dalam pertemuannya di Masjid Al Muhibbin, Bima juga mengapresiasi antusiasme masyarakat yang menghadiri kegiatan Tarling dengan penuh suka cita dan keceriaan.

"Tidak ada yang lebih membahagiakan saya secara pribadi bertamu, bersilaturahim dengan warga dari hati ke hati. Apalagi disambut oleh warga dengan penuh cinta, dengan penuh kasih," katanya.

Menurut Bima, nama Masjid Al Muhibbin yang diartikan Pencinta menunjukkan keseharian warga sekitar yang penuh rasa cinta, terutama saat menyambut rombongan Pemkot Bogor.

"Jadi itulah gunanya silaturahim kalau Kota Bogor dipenuhi aura seperti ini, cinta kasih setia terpancar dari Masjid, Insya Allah tiada ada pembangunan masjid yang tidak selesai di Kota Bogor," kata Bima.

Pada kesempatan itu Bima Arya juga mengajak masyarakat untuk membangkitkan aura positif di masyarakat agar tetap semangat dalam menjalankan kehidupan dengan penuh rasa saling mencintai, karena dengan saling mencintai ini tisak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan.

Ketua MUI Kota Bogor, KH Adam Ibrahim menilai kegiatan taraweh keliling yang dilakukan oleh pemerintah menjadi wadah untuk menjalin silaturahim dengan warga, sehingga memperkuat ukhuwah Islamiah.

"Wali Kota tidak hanya mengikuti taraweh keliling, secara pribadipun ia menggelar taraweh setiap harinya. Kegiatan ini menjadi ajang untuk menyampaikan pesan-pesan silaturahim agar warga saling mencintai hidup damai dan baik," katanya.

Seperti kegiatan Tarling sebelumnya, Wali Kota yang memimpin tim pertama Tarling juga memberikan bantuan dana masjid sebesar Rp15 juta, ditambah Rp2 juta dari Baznas Kota Bogor yang diterima oleh pengurus Dewan Kemamkmuran Masjid (DKM) setempat.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Bogor, Encep Ali Alhamidi menyebutkan, pada lebaran nanti Wali Kota dan seluruh pimpinan SKPD beserta warga akan menggelar Shalat Id berjamaah di Kebun Raya Bogor.

"Dipilih di Kebun Raya karena biar daya tampungnya mencukupi, wali kota ingin semua pimpinan SKPD bersama-sama warga shalat Id berjamaah di sana. Sekaligus juga mengajarkan masyarakat untuk memaknai hari kemenangan menyatu dengan alam," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015