Lhokseumawe, Aceh (Antara Megapolitan) - Sepuluh orang pengungsi Rohingya, Myanmar yang ditampung di kamp pengungsian Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, kabur dari lokasi penampungan.

"Saat semua orang shalat Tarawih ada sepuluh orang pengungsi yang kabur dari penampungan pada Kamis (9/7)," kata Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Aceh Timur Usman A Rachman di Bayeun, Sabtu.

Menurutnya, informasi yang dihimpun bahwa kesepuluh orang itu kabur dari belakang kamp pengungsian menyeberangi sungai.

"Disinyalir kaburnya etnis Rohingya itu karena ada penunjuk jalan yang mungkin saja terlibat warga lokal," ujar dia.

Saksi mata menyebutkan para imigran itu kabur dengan mengunakan mobil mini bus jenis Avanza. "Tiga diantaranya berhasil ditemukan dan kini berada di Kantor Imigrasi Langsa," jelas Usman.

Usman menyatakan, dirinya menduga ada keterlibatan orang dalam terkait kaburnya pengungsi Rohingya itu.  
"Tak mungkin orang asing berani kabur kalau tidak ada jaminan orang dalam," paparnya.

Imigran yang berhasil ditangkap kembali oleh petugas Satpol Pamong Praja yang berjaga di lokasi adalah seorang laki-laki atas nama Ilyas dan dua perempuan Formina serta Romzida.

Ketiganya kini berada di Kantor Imigrasi Langsa untuk diproses dan dimintai keterangannya, sedangkan tujuh orang lain masih kabur adalah Setara Begum, Asma, Romida, Zanu, Nur Begum, Hurhalima (anak-anak/Romida) dan Nursahera (anak Nur Begum) yang kesemuanya perempuan.

Pewarta: Mukhlis

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015