Bogor, 24/4 (ANTARA) - Aparat pemerintahan Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. mengintensifkan pengawasan keberadaan pedagang kaki lima (PKL) dengan memodifikasi mobil patroli tua.

Kepala Seksi Perekonomian Kecamatan Cibinong, Gerry M Suwaryo mengatakan, pihaknya memanfaatkan sebuah mobil bak terbuka keluaran tahun 1996 yang terdapat di kantor kecamatan.

"Kami melihat mobil ini tidak dimanfaatkan, jadi kami modifikasi agar bisa digunakan mengawasi keberadaan PKL yang sering mangkal di kawasan Cibinong," katanya di Bogor, Selasa.

Gerry mengungkapkan, ide tersebut muncul karena saat ini pihak kecamatan sedang gencar menertibkan kawasan Cibinong dari PKL.

Keberadaan PKL yang sudah membuat penyempitan media jalan di sekitar Cibinong berdampak pada kemacetan yang sering terjadi.

"PKL ini sering main kucing-kucingan setiap petugas melakukan pengawasan. Dengan mobil patroli ini kita bisa 24 jam melakukan patroli," katanya.

Lebih lanjut Gerry menyebutkan, pihaknya melakukan patroli setiap harinya dengan jam-jam patroli yang ditentukan mulai dari pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Lalu dilanjut siang mulai dari 15.00 WIB dan 05.00 WIB.

Menurutnya, jam patroli disesuaikan dengan kebiasaaan PKL keluar berjualan di jam-jam tertentu.

Gerry mengatakan, pihaknya harus memastikan agar wilayah Cibinong khususnya Pasar Cibinong bersih dari PKL

"Patroli dilakukan secara rutin dengan melibatkan personel Satpol PP Kecamatan di bawah komando Kasi Trantip dan dibantu aparat Koramil dan Polsek Cibinong," katanya.

Gerry mengakui keberadaan PKL di wilayah Cibinong masih menjadi masalah serius yang sedang ditangani pihaknya. Di satu sisi keberadaan PKL yang kian marak menyebabkan ruas jalan di sekitar Pasar Cibinong menjadi menyempit.

Tidak hanya itu, para PKL juga telah masuk ke perumahan-peruhaman sehingga menyebabkan sampah.

Menurutnya, dengan patroli yang dilakukan pihaknya dapat meminimalisir keberadaan PKL yang berjualan di badan jalan.

Apabila dalam patroli, lanjut Gerry, pihaknya menemukan masih ada PKL yang berjualan di kawasan terlarang, pihaknya akan langsung menyita barang dagangan tersebut.

"Kita berikan peringatan terlebih dahulu, tapi jika masih membandel maka barang akan kita sita sebagai efek jera," katanya.

Ia menambahkan, kehadiran mobil patroli yang dimodifikasi tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat Cibinong yang mengeluhkan keberadaan PKL di Pasar Cibinong yang selalu menyebabkan kemacetan dan bau busuk akibat sampah yang menumpuk.
 


Laily

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012