Bogor, (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menggelar kegiatan "Tarling" atau taraweh keliling selama bulan Suci Ramadhan 1436 Hijriah, yang merupakan program tahunan menjalin silaturahim dan komunikasi dengan masyarakat.

"Sehari sebelum Ramadhan telah dirapatkan, rencana kegiatan Tarling ini sasarannya dimana saja, kelompok masyarakat mana saja dan masjid mana saja yang akan didatangi," kata Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat, di Bogor, Jumat.

Ade mengatakan, rencananya kegiatan Tarling hanya akan dilaksanakan selama lima hari dalam bulan Ramadhan. Dalam kegiatan tersebut, Muspida dan pejabat SKPD akan dibagi tugas untuk memimpin kegiatan taraweh keliling.

"Akan ada pembagian tugas, dalam satu hari nanti wali kota atau wakil wali kota akan Tarling di masjid mana, nanti kita jadwalkan. Yang jelas dalam satu hari, ada sejumlah masjid yang akan disebar pimpinan SKPD dan muspida," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan Tarling tersebut berupa kunjungan Pemerintah Daerah Kota Bogor ke sejumlah masjid-masjid, selain menggelar Shalat Sunnah Taraweh berjamaah, juga diisi dengan silaturahim bersama masyarakat sekitar.

"Akan ada pemberian bantuan berupa dana untuk masjid, berapa besarannya belum diputuskan yang jelas secukupnya untuk menambah kebutuhan masjid," katanya.

Menurut Ade, selain untuk bersilaturahim dengan masyarakat, kegiatan Tarling juga bertujuan untuk menyampaikan program-program pemerintah agar mendapat dukungan penuh dari masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana Kota Bogor yang kondusif.

"Kita memberikan motivasi kepada masyarakat tentang ibadah puasa untuk melatih diri menahan lapar dan haus, mengendalikan emosi tidak hura-hura, atau makan berlebih, ikut merasakan kesusahan orang lain," katanya.

Ade menabahkan, ada pembentukan 20 kelompok Tarling yang setiap kelompoknya dipimpin oleh pimpinan SKPD maupun unsur Muspida, termasuk wali kota dan wakil wali kota yang akan melaksanakan taraweh keliling di sejumlah masjid yang ada di Kota Bogor.

"Masing-masing tim akan disebar melaksanakan Tarling di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015