Kota Bogor Provinsi Jawa Barat siap menyelenggarakan Kongres V Jaringan Kota Pusaka Indonesia yang salah satu agendanya pemberian penghargaan kepada deklarator JKPI.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Atep Budiman di Kota Bogor, Sabtu, mengatakan, Kongres V JKPI dijadwalkan diselenggarakan pada 25 Oktober 2021.

"Dipilihnya tanggal 25 Oktober, karena bertepatan dengan waktu penyelenggaraan Kongres I JKPI di Kota Surakarta pada 25 Oktober 2008. Saat itu Wali Kota Surakarta adalah Joko Widodo," katanya.

Baca juga: Tepas Salapan Lawang Perkuat Ikon Tugu Kujang

Atep Budiman menjelaskan, keputusan waktu penyelenggaraan Kongres V JKPI pada 25 Oktober 2021, diputuskan pada kegiatan Pra-Kongres V JKPI di Banda Aceh pada Senin (29/3), yang dihadiri Wali Kota Bogor Bima Arya.

Pada kegiatan Pra-Kongres tersebut, muncul dua opsi waktu penyelenggaraan, yakni pada 3 Juni 2021 bertepatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-539 atau pada 25 Oktober 2021 bertepatan dengan waktu penyelenggaraan JKPI pertama yang kemudian diputuskan sebagai hari lahirnya JKPI.

"Forum peserta Pra-Kongres memilih opsi kedua, pada 25 Oktober 2021," katanya.

Baca juga: Warga Mulai Mempercantik Kawasan Pecinan Suryakencana

Menurut Atep Budiman, pada kegiatan Pra-Kongres tersebut, Bima Arya menyatakan, Kota Bogor siap menjadi tuan rumah sebagai penyelenggara Kongres V JKPI di Kota Bogor, pada 25 Oktober 2021.

Pada forum Pra-Kongres tersebut, menurut Atep, dibahas juga usulan agenda kegiatan pada Kongres V JKPI, yakni pemberian penghargaan kepada deklarator JKPI.

"Ada 11 deklarator, salah satunya adalah Presiden Joko Widodo, saat menjabat sebagai Wali Kota Surakarta," katanya.

Baca juga: Bogor Heritage Run 2016 Ajang Promosi Pariwisata

Menurut Atep, para anggota JKPI berharap Pemerintah Kota Bogor dapat memberikan penghargaan deklarator JKPI di Istana Bogor.

Atep menambahkan, pada penyelenggaraan Kongres V JKPI, Pemerintah Kota Bogor juga menyiapkan materi promosi wisata di Kota Bogor, seperti sejarah Kerajaan Pajajaran, Kebun Raya Bogor, Istana Bogor, kawasan sejarah Batutulis, dan museum di Kota Bogor.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021