Istri Ridwan Kamil Atalia Praratya meninjau langsung pelaksanaan Sentra Vaksin Indonesia Bangkit di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Kota Depok Jawa Barat yang melaksanakan vaksin dengan sistem Drive Thru.

"Saya harap sentra vaksin seperti ini bisa juga hadir di wilayah lain Jawa Barat, sehingga banyak lagi masyarakat mendapatkan vaksinasi," kata Atalia disela-sela meninjau pelaksanaan vaksin di pelataran parkir RSUI Depok, Kamis.

Atalia mengatakan Sentra Vaksin Indonesia Bangkit yang merupakan kolaborasi dari berbagai pihak ini tentunya akan mencapai target-target yang ditetapkan pemerintah sehingga mencapai 'herd immunity'  di masyarakat.

"Pertama yang kita dorong adalah lansia untuk mendapatkan vaksinasi dan juga masyarakat lainnya yang mempunyai resiko tinggi juga segera mendapat vaksinasi," katanya.

Baca juga: RSUI gelar program vaksinasi Indonesia Bangkit sistem 'drive thru'

Menurut Atalia masyarakat perlu terus diberi pemahaman akan pentingnya vaksinasi. Jadi jangan sampai ketika pemerintah sudah siap melakukan vaksinasi namun masyarakat tidak datang.

"Mari kita saling mengingatkan dan seling membantu. Pak Gubernur (Ridwan Kamil) vaksinasi adalah bentuk bela negara, dengan vaksin Insya Allah kita terbebas dari penyakit," ujarnya.

Sementara itu Chief of Corporate Affairs XL Axiata Marwan O. Baasir mengatakan hasil evaluasi kami selama ini menurut saya yang perlu dilakukan adalah sosialisasi, karena lansia dibutuhkan kontrol, diajak, dipanggil dan diantar. 

"Hasil evaluasi kami sementara menunjukkan 70 persen lansia yang datang. Kalau yang daftar 500 orang lansia maka yang datang 350 orang lansia," katanya.

Ia juga mengatakan jika lansia tak datang maka bisa diberikan kepada orang yang bekerja pada layanan publik, sehingga lebih cepat terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. 

Untuk itu Marwan berharap pemerintah terus bisa membantu melakukan sosialisasi supaya mencapai titik 100 persen per hari.
 

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menggelar program vaksinasi “Indonesia Bangkit” dengan sistem drive-thru di RSUI Kampus Depok, yang dilaksanakan selama dua bulan, dari tanggal 22 Maret hingga 21 Mei 2021 di Parkiran RSUI.

Baca juga: Dokter RSUI: Pemberian vaksin diharapkan terbentuk "herd immunity"

"Dengan metode Drive Thru ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan proses vaksinasi. Jadi tinggal datang dan pasien ini tetap berada di mobil, tidak perlu turun dari kendaraannya," kata Koordinator Lapangan Vaksinasi drive-thru RSUI, Sukihananto.

Baca juga: 10 pejabat di Depok divaksin tahap pertama di RSUI

Program vaksinasi ini merupakan jenis kerjasama Pentahelix, dimana RSUI sebagai penyelenggara, XL Axiata sebagai sponsor utama, Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat sebagai penyedia vaksin, dan program komunitas seperti benihbaik.com sebagai koordinator di lapangan. 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021