Jalur Bogor-Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kawasan Ciloto-Puncak Pass, Kamis tertutup pohon tumbang mengakibatkan antrean panjang kendaraan dari kedua arah baik dari Bogor menuju Cianjur atau sebaliknya hingga menjelang malam..

KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Yudhistira saat dihubungi mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun satu unit mobil jenis minibus bernopol F 1676 IF, rusak berat akibat tertimpa pohon yang tumbang.

"Pohon tumbang juga menyebabkan antrean panjang kendaraan dari kedua arah, namun menjelang malam arus lalulintas di lokasi kejadian sudah kembali normal, meski sempat terlihat antrean sepanjang 10 kilometer dari kedua arah, sedangkan pengemudi mengalami luka-luka sudah dibawa ke rumah sakit," katanya.

Baca juga: Tragis, dua pengendara sepeda motor tewas tertimpa pohon tumbang di Bandung
Baca juga: Tiga pohon tumbang timpa enam sepeda motor di depan PGC

Hujan lebat disertai angin kencang yang sempat melanda kawasan Puncak dengan intensitas lama, membuat pohon tua jenis trembesi tumbang, sehingga menutup seluruh bahu jalan, selama proses evakuasi yang dilakukan petugas gabungan, jalur Puncak Pass, sempat tertutup selama satu jam.

Sekretaris BPBD Cianjur Irfan Sopyan, mengatakan sejak jauh hari, pihaknya telah mengimbau pengguna jalan yang melintas di jalur utama Cianjur, mulai dari Puncak hingga Jalan Raya Bandung, untuk ekstra hati-hati karena selain rawan terjadi bencana alam longsor, kerap terjadi pohon tumbang.

"Tercatat tahun lalu, hingga saat ini, intensitas hujan masih tingi, sehingga rawan terjadi pohon tumbang di Jalur Utama Cianjur, mulai dari kawasan Puncak hingga Jalan Raya Bandung-Cianjur, menjelang malam material pohon tumbang di Jalan Raya Puncak Pass, sudah berhasil disingkirkan," katanya.

Baca juga: Pohon tumbang timpa empat warga di Kota Bogor

Sementara saksi mata mengatakan, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak siang hingga sore menjelang, menyebabkan pohon berumur tua tumbang, menimpa satu unit mobil yang melaju dari arah Cipanas menuju Bogor.

Pengemudi mengalami luka-luka dan langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis."Ini untuk kesekian kalinya pohon tumbang di jalur Puncak. Kami berharap dinas terkait segera mendata pohon tua yang rawan tumbang di sepanjang jalur ini," kata Gojin tokoh pemuda setempat.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021