Cibinong, (Antara Megapolitan) - Tari pesembahan seni budaya tradisional dan kolosal Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyambut kedatangan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di lapangan Tegar Beriman Cibinong.

"Tarian persembahan adalah upacara adat Sunda harus diberikan kepada pemimpin negara yang datang ke Kabupaten Bogor," kata Pimpinan Sanggar Seni Jamparing Asih Budiyanto di Cibinong, Senin.

Ia mengatakan, upacara persembahan sebagai bentuk pengawalan dan pengabdian kepada pemimpin negara.

"Kami menampilkan peragaan silat, musik, tari dan pengawalan untuk mengenalkan kepada Provinsi Jabar bahwa seni budaya banyak di Kabupaten Bogor," katanya.

Ia mengatakan, sanggar seni Jamparing Asih adalah sebuah komunitas sanggar seni yang dilandasi dengan semangat dan dedikasi serta loyalitas yang tinggi untuk melestarikan budaya adat sunda di Indonesia khususnya di Kabupaten Bogor.

"Tujuan didirikannya sanggar seni untuk memperkenalkan seni dan budaya tradisional Sunda kepada generasi muda agar mencintai seni budaya yang dimiliki bangsa sendiri," katanya.

Melalui kesenian bisa mempererat silaturahmi, dengan sering berkumpul dan bertemunya para seniman yang berbeda generasi.

"Saya berharap generasi muda dapat memperbanyak perbendaharaan seni yang akan didapat dengan saling tukar pengalaman dan informasi hingga timbul kreasi inovasi baru di bidang seni," ujarnya.

Sanggar seni budaya hanya sebagai sarana media promosi seni dan budaya tradisional asli Indonesia untuk diperkenalkan kepada bangsa lain. Di samping membantu pemerintah dalam membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang mempunyai semangat dan mental yang tinggi sehingga dapat terlibat langsung dalam mengisi pembangunan bangsa ini.

Namun, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bogor seharusnya mampu menjadi pengayom bagi seniman tradisional. Karena hampir 64 sanggar seni yang terdaftar di Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bogor masih memerlukan bantuan pembinaan untuk tetap bertahan melestarikan seni budaya tradisional.

"Saya berharap sanggar seni ada di setiap kecamatan agar seni budaya tradisional tidak hilang," katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Bogor juga harus mampu membuat ruang publik bagi para seniman yang mampu mendukung menciptakan lapangan pekerjan baru.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015