Wali Kota Depok Mohammad Idris menginstruksikan kepada fasilitas kesehatan (faskes) agar memaksimalkan vaksinasi bagi lansia dengan proaktif melakukan upaya "jemput bola".

"Ini sudah kami instruksikan puskesmas-puskesmas dan dari dinas kesehatan (dinkes) untuk proaktif kepada lansia," ujar Mohammad Idris dalam keterangannya di Depok, Senin.

Baca juga: 78 wartawan di Kota Depok menjalani vaksinasi COVID-19

Selain itu, dirinya juga meminta kelurahan setempat untuk ikut membantu mendaftarkan warganya yang masuk kategori lansia agar bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19. Pendaftaran dapat dilakuan melalui website baba-ias.depok.go.id.

"Jadi, masing-masing kelurahan supaya mendaftarkan warganya yang lansia. Sebab, kita tidak bisa mengandalkan lansia datang ke tempat kita dengan sendirinya, tapi kita lah yang proaktif," ujarnya.

Dia menambahkan, sementara vaksinasi bagi masyarakat umum baru akan dilaksanakan pada tahap empat dan kelima, yaitu sekitar April- Juni 2021.

"Memang untuk masyarakat umum kami targetkan pada tahap keempat dan kelima, yaitu di bulan April-Juni," ujarnya.

Baca juga: 2.232 lansia di Depok segera dapat vaksinasi COVID-19

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Novarita mengatakan vaksinasi COVID-19 untuk lansia Kota Depok akan diprioritaskan di 10 kelurahan. Langkah tersebut diambil karena wilayah-wilayah tersebut masuk kategori kasus COVID-19 tertinggi berdasarkan data Picodep Tanggal 24 Februari 2021.

"Jumlah sasaran Vaksinasi COVID-19 bagi lansia untuk tahap kedua ini sebanyak 2.232 orang. Tentunya dengan usia di atas 60 tahun, ber-KTP atau domisili di Kota Depok," katanya.

Menurut dia tidak semua lansia bisa langsung mendapatkan Vaksinasi COVID-19. Sebab, para lansia harus melalui tahapan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

Baca juga: Pemkot Depok siap lakukan vaksin COVID-19 termin kedua

"Sebelum divaksin, lansia akan menjalani screening kesehatan, jika lolos baru dilakukan vaksinasi," katanya.

Untuk diketahui, 10 kelurahan yang menjadi prioritas pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi lansia, antara lain Kelurahan Depok Jaya, Abadijaya, Tugu, Rangkapan Jaya, dan Mekarsari. Selanjutnya, Kelurahan Grogol, Tanah Baru, Mekarjaya, Sukamaju, serta Kelurahan Baktijaya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021