Bogor, (Antara Megapolitan) - Ratusan payung warna-warni tergantung di sejumlah tempat, sudut dan jalanan menghiasi wajah Kota Bogor, Jawa Barat dalam rangka menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke-533.

"Pemasangan payung warna-warni ini merupakan bagian dari Festival Payung atau Umbrella Festival yang akan diluncurkan pada 30 Mei mendatang," kata Ketua Pelaksana Hari Jadi Bogor (HJB) ke-533, Toto M Ulum, di Bogor, Kamis.

Sejumlah kawasan yang sudah dihiasi payung warna-warni ini terlihat di sepanjang Jalan Sudirman, tiga lapis payung bergantung indah di setiap lampu jalan yang berjejer di jalan tersebut. Begitu juga di depan Kantor Pengawasan Bangunan dan Pemukiman Jalan Pengadilan, ratusan payung bergantung menghiasi pohon.

Selain di sarana milik pemerintah, hiasan payung juga terpasang di salah satu pusat perbelanjaan Yogya Toserba di Jalan Sudirman. Puluhan payung bergantung berjejer rapi di tiga lapis bagian depan gedung, menyerupai lampu hias.

Toto menyebutkan, Festival Payung nantinya diluncurkan berbarengan dengan pembukaan Festival Budaya Helaran yang salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor yang jatuh setiap 3 Juni.

"Pada puncak acara nanti, ribuan payung akan menghiasi sudut Kota Bogor. Pemkot Bogor menghimbau seluruh pelaku usaha dan SKPD untuk ikut berpartisipasi," katanya.

Ia menambahkan, aneka payung warna warni tersebut akan dipasang pada pohon, lampu jalan dan tiang listrik yang ada di sejumlah jalan protokol yang ada di kota tersebut seperti Jalan Jalak Harupat, Jalan Juanda, Jalan Padjajaran, Plaza Balai Kota dan halaman Istana Bogor.

"Sekarang sudah ada 1.500 payung yang terkumpul. Istana juga ikut pasang payung selama 1 bulan. Mudah-mudahan ini menjadi daya tarik orang datang ke Kota Bogor," katanya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto saat meluncurkan pembukaan HJB mengatakan, Festival Payung tersebut menjadi ajang untuk "menasbihkan" Bogor sebagai Kota Hujan yang identik dengan payung.

"Filosofi dari festival payung ini, selain sebagai simpol melindungi, juga sedia payung sebelum hujan. Intinya, kita harapkan dengan festival ini mendorong pengrajin payung untuk berkreativitas dan menjadi sumber pendapatan baru," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015