Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama warga, secara gotong royong mulai membangun wilayah di Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Komandan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi Letnan Kolonel Kavaleri Tofan Tri Anggoro mengatakan kegiatan ini merupakan upaya membantu pemerintah dalam membangun negeri dengan sasaran umum kegiatan adalah kegiatan fisik dan non-fisik.

"Kami bersama warga dan pemerintah daerah berkomitmen untuk membangun wilayah demi peningkatan kesejahteraan rakyat serta membantu pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi," katanya saat acara pembukaan TMMD di Bekasi, Selasa.

Baca juga: HUT ke-74 TNI, Kodim 0509 Bekasi isi dengan bangun desa

Anggoro mengatakan ada sejumlah target yang hendak dicapai pada kegiatan pembangunan fisik dalam waktu sebulan ke depan di antaranya pembangunan pos pelayanan keluarga berencana-kesehatan terpadu berikut sarana penunjangnya.

Kemudian pembangunan jalan lingkungan di Desa Kertarahayu sepanjang 210 meter, saluran air, taman bermain untuk anak, serta pembangunan aula desa untuk masyarakat.

Selain pembangunan fisik, kata dia, kegiatan TMMD juga menyasar kegiatan non-fisik yang bersinggungan langsung dengan warga setempat yakni penyuluhan mengenai wawasan kebangsaan, paham radikalisme, penyuluhan hukum, stunting, hingga pos binaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu-PTM).

Baca juga: Ratusan prajurit TNI Bekasi siap amankan pemilu

"Semua kegiatan sebetulnya sudah mulai dilakukan sejak pra-TMMD yakni tanggal 15 Februari 2021 lalu dan saat ini progresnya sudah 60 persen. Kita optimistis semua kegiatan, khususnya fisik bisa selesai 30 hari ke depan," ucapnya.

Dia berharap masyarakat setempat turut terlibat secara masif dalam setiap kegiatan TMMD tahun ini.

"Sehingga masyarakat juga ikut merasakan memiliki atas apa yang sudah dilakukan prajurit TNI dan terbentuk pribadi yang kuat untuk pertahanan bangsa," kata dia.

Baca juga: Korem 051/Wijayakarta Bekasi sosialisasi netralitas TNI di Pemilu

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju menyambut baik pelaksanaan TMMD sebagai kegiatan dalam menjalin sinergitas antara prajurit TNI, pemerintah daerah, serta masyarakat yang juga turut terlibat di dalamnya.

"Semoga program ini terus berlanjut dan pembangunan yang dilakukan bisa dirasakan manfaatnya secara maksimal oleh masyarakat. Kami dari pemerintah daerah akan terus mendukung kegiatan ini dengan semaksimal mungkin," kata Uju.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021