PT Indocement Tunggal Prakarsa mengedukasi para siswa SMK di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengenai teknik dasar sepeda motor secara virtual dalam upaya meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan vokasi.

"Pelatihan dilaksanakan atas kerja sama dengan Gerakan Masyarakat Mandiri (GEMARI). Nah, GEMARI sendiri adalah suatu program dari CSR Indocement di bidang pelatihan dan plasma teknik sepeda motor yang pengelolanya adalah mitra dari desa mitra Indocement Kompleks Pabrik Citeureup,” ungkap Manajer CSRSD Indocement, Gadang Wardono di Citeureup, Bogor, Selasa.

Baca juga: Indocement pamerkan konservasi hutan teureup seluas 2.000 meter persegi

Menurutnya, pembelajaran teori dasar-dasar teknik sepeda motor seperti konstruksi sepeda motor dan pengenalan sistem FI (Fuel Injection) itu menghadirkan narasumber bernama Suhendar dan Teguh yang merupakan putra daerah dari desa mitra Indocement dan instruktur praktik.

“Webinar ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI SMK Budiniyah. SMK Budiniyah sendiri merupakan salah satu SMK yang bekerjasama dengan Indocement dalam hal vokasi,” terang Gadang.

Baca juga: Indocement: Semen hidrolik turunkan emisi karbon jadi "green cement"

Selain mempelajari dasar teknik sepeda motor, peserta juga memperoleh pengetahuan mengenai pelaksanaan kesehatan dan keselematan kerja (K3), serta bulan K3 dengan narasumber Totok Tri Santosodari yang merupakan bidang Safety Department Indocement.

“Kegiatan ini diapresiasi dengan sangat baik oleh guru dan siswa SMK Budiniyah, mengingat materi yang dipaparkan sangat aplikatif di dunia industri dan langsung dipandu oleh instruktur yang sudah pengalaman,” kata Gadang.

Baca juga: Indocement gelar "Goes to Campus" secara virtual peringati Hari Bangun

Ia berharap industri lain di Kabupaten Bogor dapat turut berkontribusi pada peningkatan SDM muda sehingga siap terjun ke industri, kemudian bersaing secara global.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021