Depok, (Antara Megapolitan) - Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) Rangga Husnaprawira terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Utama Universitas Indonesia (UI) 2015.

"Mapres Utama UI akan mewakili UI dalam seleksi mahasiswa berprestasi Tingkat Nasional bersaing dengan para Mahasiswa Berprestasi Perguruan Tinggi se-Indonesia pada bulan Agustus 2015," kata Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Rifelly Dewi Astuti, di kampus UI Depok, Rabu.

Sedangkan pemenang kedua adalah Derry Fahrizal Ulum, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fauzan Helmi Sudaryanto mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer sebagai pemenang ketiga.

Menurut dia, pemenang Mapres Utama UI mendapatkan uang pembinaan pendidikan sebesar Rp12 juta, sedangkan pemenang kedua memperoleh uang pembinaan pendidikan Rp10 juta dan pemenang ketiga Rp7,5 juta.

Sistem penilaian Mapres Tingkat Utama UI 2015 berdasarkan penilaian CV, karya ilmiah dan presentasi, psikotes,
kemampuan bahasa inggris dan karakter serta kepribadian.

Rektor UI Muhammad Anis menyatakan dukungannya terhadap kegiatan apresiasi prestasi mahasiswa tersebut karena terbukti mampu meningkatkan semangat untuk terus menorehkan prestasi mahasiswa sehingga semakin produktif di dalam mencetak prestasi, baik itu akademik maupun nonakademik yang diikuti dengan sikap dan karakter pribadi yang positif.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Utama UI merupakan acara tahunan yang pada tahun 2015 tema acara adalah "Kemandirian dan Kepribadian Bangsa".

Selain pemilihan Mapres Utama UI, Apresiasi Prestasi Mahasiswa UI 2015 juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para mahasiswa UI yang berprestasi dalam bidang penalaran (olimpiade sains, sosial karya ilmiah, dsb), Olahraga (Bulutangkis, Sofbol, Berkuda, dll), Seni (Marching Band, Paduan Suara, Tari Tradisonal dan Modern Dance) dan Budaya.

Finalis Mahasiswa Berprestasi UI (Mapres UI) adalah 13 mahasiswa berprestasi Program Sarjana (S1) dari seluruh Fakultas di lingkungan UI, dan sebelumnya mereka telah lolos seleksi di tingkat Fakultas.

Mereka akan diprioritaskan sebagai delegasi UI di tingkat nasional maupun internasional.

Ke-13 finalis Mapres UI 2015 adalah Matthew Billy (FK), Fenny Kamadi (FKG), M.Arief Widagdo (FKM), Wardah Nafisah (FIK) ,

Berikutnya Ridho Muhammad Sakti (F.Farmasi), Fauzan Helmi Sudaryanto (Fasilkom), Andika Rizky Sulyat (FMIPA), Aulia Qisthi (FT), Fitri Amelina (FH), Rangga Husnaprawira (FEB), Indraswari Pangestu (FIB).

Selanjutnya Zivana Sabili (F.Psi) dan Derry Fahrizal Ulum (FISIP). Selain itu, UI juga memiliki satu Mapres dari Program Vokasi (D3) bernama Jessica Andriani Liong.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015