Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) menggelar Seminar daring dengan tema "COVID-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021: Harapan, Tantangan, dan Strategi Kebijakan" pada Rabu, 27 Januari 2021 (pukul 13.00–18.00 WIB) dengan pembicara Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menkeu Sri Mulyani. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hadir sebagai pembicara kunci yang akan membahas "Harapan, Tantangan, dan Strategi Kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional 2021".

Ketua MWA UI, Saleh Husin dalam keterangannya, Selasa mengatakan seminar ini diharapkan menghasilkan output utama berupa policy brief mengenai harapan, tantangan, dan strategi pemulihan ekonomi nasional yang akan dirangkum oleh tim LPEM FEB UI. Kami berharap itu akan menjadi sumbangan pemikiran untuk Indonesia.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro menyambut antusias kegiatan yang diinisiasi oleh MWA UI. 

"Pemulihan ekonomi Indonesia di tahun 2021 sangat tergantung dari Pengendalian Pandemi Covid-19; Kebijakan Nasional Pemulihan Ekonomi Nasional; Besarnya dana pemulihan ekonomi nasional; Kerjasama antara pusat dan daerah; dan Peranan sektor UMKM, ekonomi kreatif, sektor pedesaan/pertanian yang saat pandemi menjadi tumpuan bagi tenaga kerja yang terkena PHK," ujar Prof. Ari.

Webinar akan berlangsung dalam dua sesi dengan format diskusi panel. Untuk diskusi panel sesi I dengan subtema Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional akan menampilkan pembicara Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia, Dr. Wimboh Santoso dan Wakil Ketua Umum Kadin, Franky Oesman Widjaja, serta Dosen FEB UI dan mantan Menteri Keuangan RI 2013-2014, Dr. Chatib Basri. Sesi ini akan dimoderatori oleh Direktur Pemberitaan Berita Satu Holding, Primus Dorimulu.

Pada diskusi panel sesi II dengan subtema Peranan Ekonomi Kreatif, UMKM, dan Dana Desa untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional akan diawali dengan keynote speech dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Sandiaga Uno dengan tema Peran Ekonomi Kreatif dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional. 

Pada diskusi panel sesi dua ini menampilkan pembicara Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P., CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, serta Muhammad Halley Yudhistira, Ph.D dan Teguh Dartanto, Ph.D, Tim Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI. Bertindak sebagai moderator pada sesi kedua adalah Arif Budisusilo (Direktur Pemberitaan Bisnis Indonesia Group). 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021