Purwakarta, (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan memfasilitasi seluruh kampung di daerah tersebut dengan jaringan internet, agar masyarakat pedesaan tidak tertinggal dan bisa "melek" internet.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Rabu mengatakan selama ini masyarakat pedesaan, khususnya masyarakat dari kalangan petani belum "melek" internet. Padahal penggunaan internet itu bermanfaat.

"Dengan menggunakan internet, petani bisa memperoleh informasi seputar pertanian. Atas dasar itulah, Pemkab Purwakarta berencana membuka jaringan internet di seluruh kampung," katanya.

Menurut dia, kampung-kampung internet di Purwakarta akan diawali dengan membangun 2.000 saung. Saung yang akan dibangun itu akan difasilitasi jaringan internet.

Ia menyatakan, titik lokasi pembangunan saung tersebut akan disebar di kampung-kampung, termasuk dibangun di areal persawahan.

"Saung yang akan dibangun itu bentuknya seragam," kata dia.

Pemkab Purwakarta rencananya mengalokasikan anggaran sekitar Rp40 miliar dalam APBD Perubahan 2015, untuk pembangunan saung-saung di kampung berfasilitas internet.

Dedi berharap agar program kampung internet itu bisa berjalan lancar, dan bermanfaat bagi masyarakat perdesaan dalam menambah wawasannya.

"Mudah-mudahan pertengahan tahun ini program tersebut bisa dimulai," katanya.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015