Bekasi, (Antara Megapolitan) - Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai mendistribusikan soal Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama dan sederajat menuju lima subrayon, Sabtu.

"Soal ujian ini diperuntukan bagi peserta UN SMP, Madrasah Tsanawiyah, dan Paket B secara serentak ke lima subrayon," kata Kepala SMP Negeri 12 Kota Bekasi, Sri Yuli, di Bekasi.

SMPN 12 di Kecamatan Bekasi Selatan menjadi lokasi titik bongkar soal UN untuk sekolah penyelenggara di 12 kecamatan Kota Bekasi pada 2015.

"Soal-soal ini tiba di sekolah kami pada Kamis (30/4) malam. Jadi, dua malam menginap di sini. Namun hari ini sudah mulai didistribusikan ke subrayon," katanya.

Menurut dia, soal yang didistribusikan ke lima subrayon itu akan kembali diinapkan selama dua malam, sebelum didistribusikan ke sekolah penyelenggara Senin (4/5).

Menurut Sri, di Kota Bekasi ada 232 lokasi penyelenggara UN yang tersebar di lima subrayon, baik berupa SMPN, SMP swasta, Mts, Sekolah Luar Biasa, juga untuk ujian Paket B.

"Kalau peserta totalnya ada 40.444 siswa se Kota Bekasi," ujarnya.

Selama berada di SMPN 12, kata dia, pengamanan terhadap lokasi penyimpanan soal dilakukan sangat ketat.

Ada dua ruangan yang menjadi lokasi penyimpanan soal yang digembok dan disegel.

"Ada juga aparat kepolisian, tim dari Dinas Pendidikan serta kepala sekolah yang bertugas menjaga," katanya.

Sri menambahkan, sekolah penyelenggara UN dengan peserta terbanyak adalah SMPN 9 Jatiasih dengan 890 siswa.

"Siswa-siswa tersebut ditempatkan pada 45 ruangan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015