Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jawa Barat menyiapkan 252 vaksinator untuk melayani vaksinasi COVID-19 bagi warga setempat.

"Sudah dilatih 60 orang dan sedang dalam pelatihan 192 orang. Dengan demikian, ada 252 vaksinator dari 60 faskes yang ada di Kota Depok," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita di Depok, Rabu.

Nova mengatakan pihaknya telah menunjuk 60 fasilitas kesehatan (faskes) untuk melayani pemberian vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Pemkot Depok sudah siap laksanakan vaksinasi COVID-19

Faskes tersebut terdiri dari 38 Puskesmas, 20 Rumah Sakit (RS) Swasta, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, dan RS Bhayangkara Brimob.

"Sudah ditetapkan 60 faskes yang akan melayani vaksinasi COVID-19," katanya.

Dikatakannya rumah sakit yang ditunjuk untuk memberikan vaksin Sinovac tersebut merupakan rumah sakit yang mampu melayani pasien COVID-19. Untuk rumah sakit, Klinik Polres atau TNI, dan klinik swasta yang belum bisa ditetapkan sebagai tempat vaksinasi, akan berjejaring dengan Puskesmas wilayah untuk bekerja sama melaksanakan vaksinasi.

Baca juga: Wali Kota Depok tinjau persiapan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di RSUI

Menurutnya, sejumlah sumber daya manusia (SDM) sudah dilatih sebagai vaksinator. Seluruhnya berasal dari perwakilan tenaga kesehatan di faskes yang sudah ditunjuk untuk melayani vaksinasi.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat menyatakan sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 yang akan diluncurkan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), untuk tahap pertama dilaksanakan pada Kamis (14/1) 2021.

"Sebanyak 11.140 dosis vaksin akan digunakan dengan sasaran penerima vaksin tahap pertama adalah tenaga kesehatan, aparat yang sering berinteraksi dengan masyarakat, yaitu TNI-Polri, Satgas COVID-19, dan berbagai komunitas lainnya," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Baca juga: Pemkot Depok ikuti arahan pemerintah pusat terkait vaksinasi

Kesiapan pemberian vaksin tersebut, kata dia, tentunya dari segi perencanaan, baik dari sisi tempat pemberian vaksinasi dan sumber daya manusia (SDM), tenaga kesehatan maupun calon penerima vaksin.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021