Sukabumi, 5/4 (ANTARA) - Ribuan wisatawan yang datang dari berbagai daerah, baik dari dalam maupun luar Sukabumi, Jawa Barat menyaksikan perayaan Hari Nelayan ke 52 di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis.

Puncak perayaan hari nelayan tersebut, juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikan yakni Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Heriyanto Marwoto, Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjibtaning, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan unsur Muspida Kabupaten Sukabumi.

"Para perayaan hari nelayan ini kami mengambil tema 'Nelayan Palabuhanratu Bangkit' dan ternyata puncak perayaan ini sangat diminati oleh wisatawan, bahkan wisatawan asing pun ikut menyaksikan," kata panitia Hari Nelayan ke 52 Palabuhanratu, Tendi Sudama kepada wartawan.

Perayaan tersebut juga menyajikan kesenian daerah Jabar seperti Jaipongan, Lengser dan lain-lain.

Puncaknya, ditandai dengan pelepasan tukik atau anak penyu dan benih ikan kakap serta menyajikan sesajen di tengah laut.

Selain itu, hiburan dan pasar rakyat pun digelar untuk memeriahkan acara tersebut yang akan berlangsung selama satu bulan penuh.

"Kami berharap dengan perayaan ini, kesejahteraan nelayan di Palabuhanratu khususnya meningkat dengan ditandai meningkatnya produksi ikan laut," tambahnya.

Sementara itu Bupati Sukabumi Sukmawijaya mengatakan, dengan perayaan hari nelayan ini diharapkan menjadi momen kebangkitan nelayan Sukabumi dan nelayan lebih bertanggung jawab lagi dalam hal pengeloaan laut.

"Potensi perikanan laut di Sukabumi sangat melimpah maka dari itu dengan momen ini kami berharap nelayan bisa lebih sejahtera," kata Sukmawijaya.

Aditya

 




 

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012