Bogor, (Antara Megapolitan) - Sebanyak 912 atlet yang merupakan siswa dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan 150 official mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional VIII tingkat Kota Bogor 2015 di GOR Padjajaran, Kamis.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) VIII ini dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman yang mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olahhati, olahpikiran. dan olahrasa serta olahraga.

"Ini merupakan tanda positif dengan banyaknya atlet dari kalangan siswa yang berpartisipasi dalam acara tahunan ini," kata Usmar.

Ia mengatakan, dengan penyelenggaraan O2SN tingkat Kota Bogor menjadi harapan untuk lima sampai 15 tahun mendatang, sebagai wadah pembinaan melahirkan generasi muda yang berprestasi dalam bidang positif.

"Dengan energi semangat yang terpancar dari semua yang hadir, kita yakin arah kebijakan dan arah pembinaan atlet-atlet berbakat selama ini berada di jalur yang benar," katanya.

Menurut Usmar, olahraga adalah salah satu kegiatan positif yang dapat mengarahkan generasi muda untuk berprestasi dan berkreasi dengan kemampuan di bidang olah jasmani dan rohani.

"Secara tidak langsung melalui O2SN ini Pemerintah Kota Bogor telah menyelamatkan generasi muda dari hal-hal negatif yang dapat merusak masa depan mereka sebagai generasi penerus bangsa," katanya.

Kegiatan O2SN berlangsung selama empat hari dimulai dari 23 April hingga 27 April 2015 mendatang. Beragam pertandingan dipusatkan di GOR Padjajaran, selain itu juga digunakan lapangan Makorem 061/Suryakancana serta sekolah-sekolah yang memiliki sarana prasaran yang memadai untuk menggelar pertandingan.

Ada 11 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam O2SN tingkat Kota Bogor yakni untuk SD dan SMP meliputi atletik, tenis meja, voli, tenis lapangan, sepakbola mini, bulu tangkis, catur, renang, pencak silat, karate dan sepak takraw. Sedangkan tingkat SMA atau SMK meliputi atletik, tenis meja, bulu tangkis, pencak silat, karate dan catur.

O2SN diselenggarakan bertujuan sebagai ajang seleksi atlet terbaik Kota Bogor untuk dipersiapkan dan dibina sehingga mampu berkompetisi ke tingkat provinsi, nasional maupun internasional. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai wadah pengembangan bakat dan minat para pelajar dalam bidang olahraga, mengembangkan jiwa bersaing yang sehat dan budaya hidup sehat, bersikap nasionalisme dan cinta tanah air.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015