Karawang, (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, masih memberi honor murah setiap bulannya kepada ribuan petugas hansip atau linmas yang tersebar di sejumlah daerah sekitar Karawang.

Kepala Seksi Linmas Satuan Polisi Pamong Praja Karawang Dadag Taufik mengatakan, honor petugas hansip atau linmas saat ini hanya mencapai Rp125 ribu per bulan.

Honor atau insentif kepada para petugas hansip tersebut diakuinya masih murah. Karena itu, dalam setiap kesempatan pihaknya selalu mengajukan kenaikan honor hansip.

Menurut dia, secara total jumlah hansip di Karawang saat ini sebanyak 3.090 orang, tersebar di 309 desa/kelurahan se-Karawang.

Dari jumlah total hansip itu, maka di setiap desa/kelurahan terdapat 10 petugas hansip yang bertugas menjaga keamanan daerahnya masing-masing.

Meski diakuinya honor hansip masih kecil, tetapi sejak beberapa tahun terakhir hingga kini, honor petugas hansip mengalami kenaikan.

Pada tahun 2015 dan 2014, honor hansip mencapai Rp125 ribu. Itu lebih besar dibandingkan dengan tahun 2013 yang hanya mencapai Rp100 ribu per bulan.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015