Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin)  Kota Bogor diingatkan untuk lebih kreatif dalam menarik dana transfer sebagai upaya meningkatkan pendapatan daerah Kota Bogor.

"Disdagin harus bisa lebih kreatif meningkatkan dana transfer," kata Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah, di Kota Bogor, Jumat.

Menurut dia, selain Disdagin tapi beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya juga harus lebih kreatif membangun koordinasi dengan lembaga vertikal baik ke pemerintah provinsi maupun ke pemerintah pusat.

Baca juga: Pemkot Bogor turunkan target pendapatan tahun 2020 akibat pandemi

Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan sekitar tujuh bulan, menurut dia, memberikan dampak signifikan pada semua sektor, tidak terkecuali sektor perdagangan dan perindustrian, yakni melesunya sektor perdagangan dan industri.

Di sisi lain, Syarifah menyatakan memberikan apresiasi kepada Disdagin yang telah melaksanakan secara rutin kegiatan pengawasan protokol kesehatan COVID-19 di sektor perdagangan dan perindustrian guna menjaga agar tetap tumbuh pada situasi pandemi saat ini.

Baca juga: Pandemi COVID-19 akibatkan pendapatan sewa Gedung Wanita Kota Bogor merosot hingga 80 persen

Syarifah yang menghadiri rapat kerja di Disdagin Kota Bogor menyatakan, semoga Kota Bogor tetap bertahan di zona oranye, dan akan lebih baik juga turun lagi ke zona kuning atau hijau, sehingga memberikan keyakinan kepada pimpinan daerah untuk lebih melonggarkan lagi sektor perdagangan dan perindustrian.

"Sasarannya dapat meningkatkan perekonomian di Kota Bogor yang memberikan dampak meningkatnya pendataan daerah. Ini menjadi harapan kita semua," katanya.

Baca juga: Pemkot Bogor targetkan Pendapatan Daerah Rp2,19 Triliun pada 2020

Syarifah juga mengingatkan Disdagin Kota Bogor untuk memasukkan data-data perdagangan dan perindustrian di Disdagin ke dalam data base, Bogor Data Web House di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, untuk memudahkan mengakses data Kota Bogor.

"Jika datanya detail, lengkap, dan berkembang, tidak menutup kemungkinan akan memberikan dampak positif. Contohnya pikobar, karena mudah dan banyak yang mengakses, sehingga ada iklan yang masuk. Ini bisa menjadi salah satu sumber pendapatan," katanya.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020