Bogor, (Antaranews Bogor) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor, Jawa Barat, mendapat hibah areal mata air Cisalada di Kelurahan Mulya Harja, Kecamatan Bogor Selatan.

"Mata air Cisalada ini berada dalam areal seluas 6.000 meter persegi yang terdapat di lokasi BNR milik Bakrie Land," kata Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Untung Kurniadi di Bogor, Rabu.

Ia mengatakan hibah area mata air Cisalada dari BNR diharapkan dapat menciptakan kawasan bebas kekurangan suplai air bersih di khususnya di wilayah Bogor Selatan.

Dikatakannya, pihaknya telah menyusun studi kelayakan terkait keberadaan mata air Cisalada untuk dijadikan sumber bahan baku penyediaan air bersih yang dikelola oleh PDAM Tirta Pakuan.

"Terutama di lokasi BNR masih membutuhkan pasokan kapasitas produksi untuk meningkatkan pengembangan pelayanan air bersih kepada masyarakat," katanya.

Menurut dengan adanya hibah mata air Cisalada dapat menambah jaringan sumber air untuk wilayah Bogor terutama Kecamatan Bogor Selatan.

Dengan adanya himbah mata air Cisalasa tersebut nantinya PDAM Tirta Pakuan dapat menambah jumlah sambungan untuk melayani 1.000 rumah tangga.

"Selain untuk 1.000 rumah, mata air ini juga untuk menyalurkan air bersih kepada dua apartemen, satu hotel, areal permainan Junglefest dan dua pasar bersih," katanya.

Sementara itu Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat meninjau mata air Cisalada mengatakan pengelolan kawasan mata air harus dilakukan secara menyeluruh sehingga membawa keuntungan bagi masyarakat.

"Pemerintah Kota Bogor sedang mengkaji dan mempelajari rencana pengelolaan mata air Cisalada ini, karena ini akan memberikan keuntungan bagi Kota Bogor. Tapi pengelolaan kawasan secara menyeluruh harus diperhatikan serius," kata Bima.

Selain itu yang harus diperhatikan adalah pemilihan lahan seluas 75 hektar yang diajukan oleh BNR Bakrie Land Group untuk dikelola.

"Harus diperhatikan lahan mana yang bisa dikonversi dan mana yang masuk kawasan konservasi," kata Bima.

Terkait hibah kawasan mata air Cisalada, Pemerintah Kota Bogor bersama DPRD melakukan peninjauan ke lokasi guna memastikan kondisinya.

Selain wali kota, turut hadir dalam peninjauan tersebut Waki Ketua DPRD Heri Cahyono, Camat Bogor Selatan Herry Karnadi, Lurah Mulya Harja dab perwakilan dari Bakrie Land Group.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015