Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendorong pemkab setempat untuk memperluas fasilitas wifi gratis demi mempermudah kegiatan belajar mengajar secara daring.

"Sekarang kesulitan guru mengajar dalam kondisi pandemi COVID-19 karena pemerintah belum membolehkan belajar secara tatap muka," kata Dewan Penasihat PGRI Kabupaten Bogor Amsohi saat ditemui di Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis.

Ia mendorong rencana pemasangan wifi yang dinamakan "wifi pancakarsa" di sejumlah taman untuk diperluas pemasangannya ke 465 desa di Kabupaten Bogor.

Baca juga: PGRI Bogor akan perjuangkan nasib gaji 1.198 guru PPPK
Baca juga: PGRI Bogor cari sosok ketua baru
Baca juga: Joko Widodo Tegaskan profesi guru tetaplah profesi yang mulia

"Pembuatan taman sekaligus pemasangan wifi bertuliskan Pancakarsa harus diperbanyak pemasangannya," kata pria yang mencalonkan diri sebagai Ketua PGRI Kabupaten Bogor periode 2020—2025 itu.

Seperti diketahui, Amsohi mengaku siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, khususnya Dinas Pendidikan, lantaran pernah berada di dalamnya, sejak tahun 1982 saat menjadi guru SD Negeri, hingga menjadi Kepala Bidang PAUD pada tahun 2019.

Selain pernah menjadi pegawai di Dinas Pendidikan, Amsohi juga pernah menempati jabatan di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) pada tahun 2013 hingga tahun 2015 sebagai Kepala Bidang Pembinaan Pemuda.

"Saya aktif di berbagai organisasi pendidikan, dari Sekretaris Cabang PGRI Parung Panjang selama tiga periode sampai jadi Dewan Penasehat PGRI Bogor periode 2015-2020," kata Amsohi.

Pada pencalonannya sebagai Ketua PGRI Kabupaten Bogor, Amsohi didampingi oleh dua calon wakil ketua yaitu Barkeh Dimyati dan Agus Sundowo, serta didampingi Idrus Wirdaus sebagai calon sekretaris.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor Atis Tardiana mengatakan bahwa pemasangan wifi publik sebagai langkah solusi atas keluhan masyarakat dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Rencananya dalam waktu dekat pemkab setempat akan memasang wifi di setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Bogor.

"Sesuai dengan arahan dari Bupati Bogor, fokus kami pada penyediaan layanan internet untuk masyarakat, khususnya daerah yang memang terkendala akses internetnya," kata Atis.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020