Cibinong, (Antaranews Bogor) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, telah menyebarkan surat edaran terkait cara pencegahan dan pemberantasan berbagai penyakit saat pancaroba.

"Surat edaran itu disebar melalui Puskesmas yang ada di Kabupaten Bogor sehingga masyarakat bisa mengetahui upaya dan cara mengantisipasi," kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Bogor Eulis Wulantari di Cibinong, Jumat.

Ia menjelaskan saat ini pihaknya juga sedang berupaya meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat Kabupaten Bogor akan pentingnya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Pihaknya menilai saat ini kesadaran masyarakat mengenai cara memberantas penyakit demam berdarah dengue (DBD) melalui PSN sudah cukup tinggi.

Salah satunya, kata dia, adalah masyarakat di Kecamatan Cibinong, yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Bogor.

Warga mulai dari pihak kecamatan, kelurahan, desa, RT, RW hingga masyarakatnya terus bekerja sama dan melakukan koordinasi untuk melakukan PSN,

Alhasil, kata dia, meski tidak merinci ia menyebut DBD di wilayah tersebut terus mengalami penurunan.

Dengan PSN, kata Euis Wulantari, tidak hanya dapat memberantas DBD, namun juga bisa meminimalisasi penyakit chikungunya, kaki gajah dan lainnya.

Sementara itu, Kadinkes Kabupaten Bogor dr Camalia W Sumaryana menjelaskan berbagai kegiatan dan langkah nyata terus dilakukan untuk mencegah dan memberantas DBD di daerah itu.

Selain melalui sosialisasi kepada seluruh masyarakat, juga dilaksanakan pembinaan terhadap 458 bidan desa bagaimana pemberantasan nyamuk dan sarang nyamuk.

Upaya tersebut dilakukan untuk menekan angka kesakitan dan kematian akibat DBD.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015