Grup Rumah Sakit Siloam bekerja sama dengan unit usaha di bawah naungan Grup Lippo meluncurkan program layanan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat bertajuk Merdeka COVID-19 sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT Ke-75 RI.

Wakil Direktur Utama Siloam Hospitals Group Caroline Riady melalui keterangan tertulis mengatakan program merdeka dari COVID-19 ini berlangsung hingga 18 September 2020 dengan menawarkan pilihan paket tes serologi antibodi dengan harga terjangkau yakni Rp120.000.

"Unit usaha Lippo Group yang turut mendukung program ini antara lain Lippo General Insurance, Bank Nobu, Lippo Mall Indonesia, Matahari Department Store, Hypermart, First Media, Berita Satu, dan Maxx Coffee," kata Caroline, Selasa.

Baca juga: Persiapan Kehamilan dan Persalinan di Era New Normal (Penyegaran Ilmiah Berkelanjutan Terkait Kebidanan)

Menurut dia, selama masa normal baru setiap individu dan perusahaan perlu memerhatikan prinsip hidup bersih dan sehat dalam semua lini kegiatan agar tetap aman beraktivitas.

"Salah satu langkah preventif yang penting adalah pelaksanaan skrining. Untuk mendukungnya, Siloam Hospitals telah menyediakan pilihan tes serologi antibodi yang terjangkau," ucapnya.

Tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab merupakan tes antibodi total yang relatif cepat dan berakurasi tinggi serta dapat dilakukan baik di rumah sakit maupun di luar rumah sakit (mobile testing atau onsite/di tempat). Sama seperti tes cepat, tes serologi antibodi ini mendeteksi antibodi seseorang untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi oleh SARS-CoV-2 atau belum.

"Namun tes serologi antibodi ini memiliki kelebihan karena pengerjaan tes dan deteksinya dilakukan oleh instrumen robotik. Hal ini membuat tingkat sensitivitas mencapai 100 persen yang berarti hampir tidak ada kasus positif yang tidak terdeteksi," ungkapnya.

Baca juga: Siloam Hospitals Palangkaraya Jumat, 24 Juli 2020,Webinar Kesehatan: Penanganan Awal Cedera Muskuloskeletal (Tulang, Sendi, Jaringan Lunak)

Selain sensitivitas yang tinggi, keunggulan lain dari tes serologi antibodi ini adalah tingkat spesifisitas lebih dari 99.81 persen dan tanpa gangguan dari virus flu biasa dan corona virus lain selain SARS-CoV-2.

"Tes ini dapat mendeteksi antibodi yang timbul dari paparan SARS-CoV-2 atau COVID-19 secara lebih pasti. Tes serologi antibodi ini telah diakui oleh CE (Conformite Europene), FDA EUA (Emergency Use Authorization), dan NHS serta digunakan di Amerika Serikat, Australia, Eropa, Inggris dan Singapura," katanya.

Dengan memakai QRIS dari Bank Nobu, pembelian paket tes serologi antibodi seharga Rp120.000 sudah termasuk asuransi My Health Protection dari Lippo Insurance yang akan memberikan santunan rawat inap apabila hasil reaktif dan harus dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 yaitu sebesar Rp100.000 per hari selama 14 hari.

Baca juga: Siloam Hospitals Manado Jumat, 24 Juli 2020, Webinar Kesehatan: Tiga Penyebab Utama Henti Jantung Mendadak

Selain itu, masyarakat yang membeli paket tes serologi antibodi pada program merdeka dari COVID-19 ini juga akan mendapatkan berbagai keuntungan menarik seperti gratis berlangganan ePaper Investor Daily dan Suara Pembaruan.

Kemudian diskon produk khusus dari Matahari Department Store, Hypermart, Foodmart, voucher dari Maxx Coffee, benefit tambahan bagi member First Media, serta extra point yang dapat ditukarkan pada jejaring Lippo Mall.

"Berbagai benefit tersebut kami berikan sebagai tanda apresiasi terhadap masyarakat yang mengutamakan kesehatan mereka dengan melakukan tes serologi antibodi pada masa pandemi COVID-19 ini. Harapan kita semua tentunya dengan makin banyaknya masyarakat yang melakukan tes, kita dapat bersama-sama memutus rantai penyebaran virus corona," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020