Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat, menyambut Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan membuat dan membagikan masker merah putih kepada warga guna mendukung upaya pencegahan penularan COVID-19.

"Dalam menyambut dan merayakan HUT Kemerdekaan ke-75 RI pada tahun ini berbeda akibat pandemi COVID-19, tapi kami ingin tetap menyemarakkannya, salah satunya menyebarkan masker merah putih kepada warga," kata Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo di Sukabumi, Minggu.

"Ini juga untuk meminimalkan penularan virus," ia menambahkan.

Baca juga: PMI Kota Sukabumi gelar simulasi penanggulangan gempa dan PHBS untuk pelajar SD
Baca juga: Pemkot Sukabumi gandeng PMI berikan edukasi kesiapsiagaan hadapi gempa

Suranto mengatakan bahwa tim Sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kecamatan Baros di Kota Sukabumi memproduksi masker merah putih yang akan dibagikan kepada warga.

Menurut dia, masker merah putih merupakan simbol semangat dalam berjuang bersama-sama untuk mencegah penularan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kami sudah mulai membagikan masker ini ke sejumlah titik khususnya di lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi penularan seperti pusat keramaian maupun perdagangan, tidak hanya kepada pejalan kaki, masker ini juga dibagikan untuk para pengendara yang melintas yang ditemukan tidak memakai masker," katanya.

Baca juga: PMI Kota Sukabumi siap jadi pelopor ketahanan pangan daerah
Baca juga: PMI Sukabumi sosialisasikan tahapan persiapan hadapi normal baru di ponpes

Suranto mengatakan bahwa selain memproduksi dan membagikan masker, relawan Sibat dan PMI pun dikerahkan untuk menyampaikan sosialisasi mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 dalam kegiatan sehari-hari.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020