Cikarang, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sedang mengupayakan pemberian bantuan perahu kepada para nelayan di pesisir laut Muaragembong pada 2015.

"Kita akan menganggarkan bantuan di tahun 2015 untuk meningkatkan pendapatan serta bantuan perahu para nelayan," kata Wakil Bupati Bekasi, Rohim Mintareja di Cikarang, Jumat.

Menurut dia, penduduk di wilayah pesisir Muaragembong seluruhnya berprofesi sebagai nelayan yang hidup di bawah garis kemiskinan.

"Oleh sebab itu, dibutuhkan bantuan agar dapat menstimulasi peningkatan pendapatan mereka dalam menangkap ikan," katanya.

Pihaknya akan mengupayakan bantuan modal usaha bagi para Nelayan di wilayah pesisir serta perahu yang jumlahnya akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Menurut Rohim, bantuan itu di luar kebijakan pemerintah pusat yang tengah mengintensifkan program pembangunan di wilayah kelautan.

"Diharapkan wilayah pesisir Kabupaten Bekasi seperti Kecamatan Babelan, Muaragembong dan Tarumajaya mendapat prioritas bantuan dari pemerintah," katanya.

Menurut dia, bantuan bagi para nelayan itu sedang dikaji oleh pusat, berupa peningkatan pendapatan nelayan, serta bantuan perahu.

Selain itu, kata dia, pemerintah pusat juga akan membangun sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bagi nelayan di Kecamatan Muaragembong.

"Selama ini, para nelayan harus membeli bahan bakar perahu berupa solar ke Jakarta karena di Muaragembong tidak ada SPBU," ujarnya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014