Bekasi, (Antaranews Bogor) - Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat jumlah tenaga pengajar yang berhasil lulus Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) terus meningkat setiap tahun.

"Pada 2014 ini tercatat sebanyak 9.914 guru dinyatakan lulus PLPG. Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya," kata Kepala Bidang Bina Program Disdik Kota Bekasi Agus Enap di Bekasi, Jumat.

Enap mengatakan, ada dua jenis tes yang harus dilalui para guru untuk lulus PLPG yakni tes tertulis dan tes praktik.

"Namun untuk beberapa guru yang sudah dinyatakan lulus, tetap diharuskan mengulang tes PLPG karena terkendala masalah absensi," katanya.

Lebih lanjut Enap menyebutkan, sejak tahun 2006, jumlah guru yang lulus PLPG dari tingkat pendidikan dasar sebanyak 7.297 orang.

Sebanyak 1.911 guru dari tingkat pendidikan menengah juga telah lulus PLPG.

"Sementara yang mengajar di tingkat PAUD sebanyak 706 guru yang lulus PLPG," katanya.

Diakui Enap, prestasi guru-guru Kota Bekasi dalam menjalani tes PLPG mengalami penurunan di tahun 2013. Kala itu, hanya 992 guru yang lulus, asal tingkat pendidikan dasar 627 orang, dari tingkat pendidikan menengah 150 orang, dan 215 lainnya dari tingkat PAUD.

"Jadi wajar jika hasil tes tahun 2014 ini meningkat karena hasil tahun 2013 termasuk buruk," ujarnya.

Selain itu, peningkatan prestasi guru yang lulus tes PLPG tahun 2014 ini juga tidak terlepas dari adanya peningkatan mutu dan kesejahteraan guru.

"Dampak lanjutannya, berupa peningkatan kualitas guru serta mutu pendidikan di Kota Bekasi," demikian Enap.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014