Karawang, (Antaranews Bogor) - Sebanyak 12 syarat dibebankan kepada para calon kepala desa yang akan maju pada pemilihan kepala desa atau pilkades secara serentak tahun 2015 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Syarat-syarat yang harus dipenuhi para calon kepala desa itu tertuang dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Desa yang kini sedang dibahas DPRD Karawang," kata Ketua Komisi A DPRD Karawang Teddy Luthfiana di Karawang, Selasa.

"Berbagai pihak terkait dengan pemerintahan desa pada hari ini diundang untuk membahas tentang Raperda tentang Desa yang akan menjadi dasar digelarnya Pilkades," katanya.

Pada 2015 Pemkab Karawang menjadwalkan pilkades secara serentak di ratusan desa. Tetapi belum ada peraturan daerah yang mendasari pelaksanaan Pilkades tersebut.

Karena itu, kini DPRD Karawang melakukan pembahasan terkait akan digulirkannya Perda tentang Desa. Di bagian lain DPRD setempat juga mulai mempersiapkan pembahasan APBD 2015 yang didalamnya akan diatur alokasi anggaran pilkades.

Sementara itu, dalam Raperda tentang Desa tersebut, terdapat 12 syarat calon kepala desa yang harus dipenuhi bagi mereka akan maju pada pilkades tahun 2015.

Di antara persyaratan itu ialah calon kepala desa harus sehat jasmani dan rohani. Mengenai hal itu, setiap calon wajib membuktikan melalui surat keterangan kalau dirinya tidak menggunakan narkoba.

Surat keterangan sehat dan bebas narkoba sesuai dengan Raperda itu harus dikeluarkan oleh dokter pemerintah atau Dinas Kesehatan Karawang.

Dari 12 syarat calon kepala desa itu, juga tercantum pendidikan terakhir calon kepala desa yang menyatakan syarat pendidikan paling rendah SMP atau sederajat.

Mengenai pendidikan terakhir, memunculkan kontroversi. Apakah harus berpendidikan berijasah pendidikan formal atau ijasah persamaan. Hal tersebut masih proses pembahasan.

Teddy mengatakan semua masukan dari berbagai pihak di lingkungan pemerintahan desa akan ditampung untuk pembahasan komprehensif Raperda tentang Desa.

Ia mengatakan DPRD Karawang akan serius membahas Raperda tentang Desa itu, sebab nantinya akan menjadi dasar atau landasan digelarnya Pilkades serentak di ratusan desa pada tahun 2015.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014