Depok, (Antaranews Bogor) - Universitas Indonesia (UI) berhasil meloloskan 14 mahasiswanya untuk melaju ke babak final Olimpiade Sains Nasional (0SN) Pertamina 2014 setelah berhasil mengalahkan pesaingnya di tingkat provinsi.

"Mahasiswa UI yang lolos tersebut berasal dari kawasan Regional V yang mencakup wilayah Banten dan DKI Jakarta. Mereka akan kembali bersaing di tingkat nasional di Jakarta pada November 2014," kata

CSR Officer PT Pertamina (Persero) Eko Kristiawan di kampus Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI di Depok, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya juga akan memberikan beasiswa kepada juara 1, 2 dan 3 tingkat provinsi. Dikatakannya pengembangan ilmu bukan hanya penemuan saja, tapi harus bisa diimplementasikan di dunia industri, salah satunya adalah energi baru dan terbarukan.

"Hasil pemikiran generasi muda melalui olimpiade sains ini nantinya diharapkan bisa diimplementasikan ke kehidupan nyata," katanya.

Sementara ke-14 mahasiswa itu adalah Setiawan (bidang Matematika), Samson Clymton (Fisika), Putu Ivan Budi (Kimia) dan Ita Rostina (Biologi).

Untuk bidang teori, mahasiswa UI yang berhasil lolos adalah Naufal Hadi, Rizky Yudha dan Rohmat Setiawan dari kategori Teori Matematika. Kategori Teori Fisika yaitu Rahmat Asrasy dan Aditya Budi.

Kategori Teori Kimia adalah Fajar Prihatno dan Mega Maulina. Dan kategori Teori Biologi yaitu Akseyna Ahad, M Farhan dan Hazrina Tiyas. Babak final akan digelar pada November 2014.

Sementara itu Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) Abdul Harris mengatakan setiap tahun jumlah peserta olimpiade sains bertambah. Hal itu menunjukkan minat generasi muda terhadap bidang sains meningkat. Sehingga diperlukan wadah untuk menyalurkan minat generasi muda ini.

"Melalui OSN diharapkan apa yang menjadi wadah bagi para peminat sains. OSN Pertamina sendiri sudah digelar sejak tahun 2008," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014