Bogor, (Antaranews Bogor) - Kepala Polisi Daerah Jawa Barat Irjen Pol Mochamad Iriawan mengatakan situasi pengamanan saat pelantikan anggota DPR RI dan DPD di wilayah penyanggah Jakarta berjalan kondusif.

"Upaya pencegahan pergerakan massa dari wilayah Jawa Barat menuju Jakarta sudah kita lakukan, semua titik sudah kita pantau, situasi kondusif," kata Kapolda saat meninjau pengamanan di wilayah Polres Bogor Kota, Rabu.

Kapolda menjelaskan, sebelum pelantikan anggota DPR RI dan DPD di Senayan Jakarta, aparat gabungan di wilayah Jawa Barat membantu melakukan pengamanan dengan menyekat titik-titik yang menjadi tempat pergerakan massa menuju Jakarta.

Beberapa penyekatan dilakukan di wilayah Purwakarta, Karawang, Kota dan Kabupaten Bogor, Cianjur, serta Sukabumi.

Untuk membantu pengamanan pelantikan anggota DPR RI dan DPD di Jakarta, Kepolisian Daerah Jawa Barat mengerahkan 20.000 lebih personel, dan mengirimkan personel membantu daerah-daerah penyanggah lainnya.

"Pantauan di lapangan situasi aman terkendali. Jika situasi sudah benar-benar aman, personel akan kita tarik kembali," kata Kapolda.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Mochamad Iriawan melakukan peninjau pengaman di sejumlah Polres. Salah satunya Polres Bogor Kota. Dalam tinjauannya Kapolda memastikan pengamanan berjalan lancar.

Kapolda yang didampingi Kapolres Bogor Kota AKBP Bahtiar Ujang Purnama, juga melakukan pemeriksaan kesiapan sejumlah anggota yang bertugas dan memberikan pengarahan kepada anggota polisi maupun Polwan terkait kegiatan yang sedang dilaksanakan.

Sementara itu, di tingkat Polres Bogor Kota pengamanan pelantikan anggota DPR RI dan DPD melibatkan 900 personel gabungan terdiri dari Polisi, TNI, Satpol PP, DLLAJ dan Dalmas Polda Jawa Barat.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014