Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) membuka layanan pemeriksaan swab PCR COVID-19 melalui "drive thru" yang akan dilakukan di area parkir Gedung RSUI, Kampus UI, Depok Jawa Barat.

Direktur Utama RSUI, dr. Astuti Giantini, Sp.PK, dalam keterengan tertulisnya, Selasa mengatakan layanan swab PCR drive thru ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang ingin mendeteksi diri dari penularan virus corona dengan cepat dan mudah.

"Hal ini juga untuk menekan penyebaran virus karena mereka tidak perlu keluar dari mobil sehingga melindungi orang yang dites," katanya.

Baca juga: RSUI menambah ruang perawatan baru khusus pasien COVID-19

Ia menjelaskan proses pengambilan swab dilakukan dengan cepat oleh tenaga medis yang sudah terlatih. Sampel swab yang telah diambil akan diuji di Laboratorium Terpadu RSUI dan hasil pemeriksaan akan dikirimkan via Whatsapp.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan swab PCR COVID dapat mengikuti tata cara pertama melakukan pendaftaran dan pengisian form melalui pesan WhatsApp di nomor 081291139113 (maksimal H-1, pukul 15.00) dan melakukan pembayaran via transfer bank.

Baca juga: RSUI buka layanan dokter secara online

Selanjutnya petugas akan melakukan Verifikasi, pasien menerima notifikasi jadwal pemeriksaan, Pasien datang ke drive thru RSUI sesuai jadwal pemeriksaan, Pengambilan sampel swab oleh petugas medis, Hasil pemeriksaan dikirimkan via WhatsApp.

RSUI membuka layaanan pemeriksaan swab PCR RSUI setiap hari Senin hingga Sabtu, pukul 08.00-12.00 (dengan perjanjian).

Baca juga: LAB RSUI layani pemeriksaan PCR COVID-19 dari RS di Depok

RSUI juga melayani pemeriksaan rapid test melalui drive thru. Petugas medis akan melakukan pengambilan sampel darah dengan pasien tetap berada di dalam mobil.

Mekanisme pendaftaran rapid test drive thru sama seperti halnya pemeriksaan swab PCR, pasien harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan jadwal pemeriksaan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020