Bogor, 27/9 (ANTARA) - Tiga manajemen Taman Safari Indonesia, meraih penghargaan toilet umum terbersih dalam rangka memperingati Hari Pariwisata se-dunia yang diperingati pada tanggal 27 September 2011.

"Penghargaan toilet terbersih untuk kategori kebun binatang, untuk urutan I, II dan III semuanya diborong Taman Safari Indonesia," kata Humas Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Yulius H Suprihardo kepada ANTARA di Bogor, Selasa sore.

Ia menjelaskan, dalam rangka memperingati Hari Pariwisata se-dunia 2011, Kantor Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, bekerja sama dengan Asosiasi Toilet Indonesia, memberikan penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Terbersih di Bandara Internasional/Nasional dan di destinasi pariwisata 2011 untuk kategori kebun binatang.

Penghargaan tersebut diberikan kepada sebanyak 20 kebun binatang, serta sebanyak 20 Bandara internasional dan nasional yang ada di Indonesia.

Menurut dia, untuk kategori kebun binatang, Bali Safari Marine Park (Taman Safari Indonesia III) yang berada di Provinsi Bali berhasil meraih juara I.

Sedangkan juara II diraih oleh Taman Safari Indonesia II Prigen, Pandaan, Jawa Timur. Sementara itu, untuk juara III diraih oleh Taman Safari Indonesia Cisarua, Kabupaten Bogor.

Sedangkan untuk kategori Bandara, kata dia, Bandara Juanda Surabaya menjadi juara I dan mendapat bintang IV.

Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng meraih juara II dan mendapat bintang III.

Sementara, Bandara Ngurah Rai, Bali meraih juara III dan mendapat bintang III.

Yulius H Suprihardo menjelaskan bahwa penyerahan piala dan sertifikat penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik beserta isteri pada hari Senin (26/9).

Penghargaan tersebut diterima oleh dua direktur Taman Safari Indonesia, yakni Frans Manansang dan Drs Jansen Manansang MSC, serta Nurul selaku manajer umum mewakili Taman Safari Indonesia Prigen, Jawa Timur.

Menurut Direktur Taman Safari Indonesia Frans Manansang, dengan keberhasilan ini, Taman Safari Indonesia maupun Bali Safari Marine Park akan semakin terpacu untuk menjaga dan mempertahankan prestasi ini.

Taman Safari Indonesia, selain sebagai objek wisata nasional, juga mendapat tugas pemerintah sebagai lembaga konservasi "ek-situ" (di luar habitat) untuk satwa liar.
 


A Fahir

Pewarta:

Editor : Budisantoso Budiman


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2011