Komunitas Taman Potret (Kotret) menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) berupa hazmat kepada petugas Palang Merah Indonesia (PMI|) Kota Tangerang, Banten sekaligus memperingati Hari Palang Merah Internasional yang jatuh setiap 8 Mei.

"APD ini sangat penting bagi relawan yang bertugas di lapangan dalam membantu pemerintah menanggulangi COVID-19, namun demikian keselamatan mereka agar tidak terpapar virus ini pun tetap diperhatikan salah satunya dengan tersedianya APD seperti hazmat ini," kata Wakil kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tangerang Mustofa Kamaludin, melalui sambungan telepon di Tangerang, Sabtu.

Baca juga: PMI gaungkan ajakan kepada masyarakat bersama lawan corona

Menurutnya, momen Hari Palang Merah Internasional menjadi penambah semangat bagi personel PMI Kota Tangerang untuk lebih melayani masyarakat di tengah kondisi pandemi saat ini dan pihaknya mengapresiasi Kotret yang ikut bersama-sama melawan COVID-19 dengan cara memberikan bantuan berupa APD.

Dalam upaya penanggulangan penyebaran COVID-19 ini, pemerintah maupun PMi tidak bisa bekerja sendiri, tapi harus mendapat dukungan dari semua pihak minimalnya mematahui anjuran cara pencegahan penularan virus mematikan ini.

Baca juga: Hari Palang Merah Internasional PMI fokus putus mata rantai penyebaran COVID-19

Seperti diketahui, sejak kasus COVID-19 pertama terjadi di Indonesia, lembaga kemanusian ini langsung mengambil peran membantu pemerintah baik melakukan penyemprotan disinfektan, membagikan masker, memberikan sosialisasi dan edukasi serta mendistribusikan bantuan.

Sementara, Ketua Pelaksana Penyaluran Bantuan Kotret Maya Sahurina menambahkan pemberian APD itu bertujuan untuk membantu personel PMI saat bertugas dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Tangerang.

Baca juga: PMI-Bulan Sabit Merah Turki produksi ribuan masker kain untuk warga Palu

Banyak relawan PMI saat ini yang terjun langsung ke zona merah dalam melakukan pencegahan, dengan adanya sedikit bantuan dari Kotret ini diharapkan bisa membantu mereka saat bertugas agar aman dan tidak terpapar virus yang belum ada vaksinnya tersebut.

"Bantuan APD ini merupakan hasil kerjasama Kotret dengan Merah Putih Foundation untuk berpartisipasi memerangi COVID-19. Kami juga tengah menggalang donasi untuk kemudian dibelikan APD yang akan disalurkan ke sejumlah rumah sakit di Kota Tangerang," tambahnya. (KR-ADR)

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020