Depok, (Antaranews Bogor) - Mahasiswa penerima Beasiswa BIDIK MISI Universitas Indonesia (UI) mengajarkan siswa Sekolah Dasar Negeri Anyelir 2 Kota Depok konsep penghijauan yang dilakukan di lahan perkotaan yang tidak terlalu luas atau 'Vertical Garden'.  

"Kegiatan ini untuk menambah kesadaran kepada masyarakat khususnya generasi muda dan anak-anak mengenai pentingnya penghijauan sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian dan keseimbangan ekosistem lingkungan," kata Ketua Pelaksana acara “Sekolahku Menanam atau SENAM” Restu Akbar di Depok, Sabtu.

Kegiatan menanam ini juga disampaikan oleh bintang tamu yang merupakan artis sekaligus duta lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup, Arumi Bachsin.

Menurut mahasiswa jurusan Teknik Perkapalan UI angkatan 2011 ini, pemilihan lokasi kegiatan Sekolahku Menanam didasarkan karena letak SDN Anyelir 2 Depok yang berada di tengah kota dan tidak mempunyai lahan cukup luas. 

Sehingga melalui sosialisasi dan praktek pembuatan 'vertical garden' ini lanjut dia dapat menjadi alternatif baru agar aksi penghijauan dapat tetap dilakukan tanpa ada alasan keterbatasan lahan. 

Ia mengatakan penghijauan dapat  dilakukan baik di sekolah maupun di rumah yang lahannya sangat terbatas.

Ia berharap kegiatan yang diikuti siswa-siswi kelas V SDN Anyelir 2 Depok sebanyak 80 orang ini agar siswa-siswi sekolah dasar diharapkan lebih mudah untuk mengenal dan mengimplementasikan aksi hijau sejak usia dini.

"Kita berusaha menanamkan sikap kepedulian dan kesadaran untuk merawat tanaman miliknya sendiri kepada para siswa SD," katanya.

Sekolahku Menanam merupakan acara yang turut melibatkan Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Depok dan Komunitas Earth Hour (EH) Depok. 

"Bentuk kerja sama dengan FKH dilakukan dalam bentuk penyediaan bibit tanaman dan pupuk oleh bapak Heri selaku ketua Forum Komunitas Hijau Kota Depok. Ditambah dengan SDM pendukung acara," kata Koordinator Forum Komunitas Hijau Tiara.

Selain itu komunitas Earth Hour Depok juga turut berpartisipasi dalam bentuk SDM yang berperan sebagai fasilitator kelompok siswa dalam pelaksanaan kegiatan merangkai vertical garden. 

Tiara mengatakan acara SENAM ini diharapkan dapat menjadi sebuah pilot project yang akan mengawali aksi-aksi hijau selanjutnya, terutama aksi-aksi yang diiniasi oleh Forum Komunitas Hijau Kota Depok bersama dengan komunitas-komunitas hijau lainnya di kota Depok, salah satunya adalah Earth Hour Depok. 

Melalui kegiatan-kegiatan cinta lingkungan seperti ini menjadi suatu langkah awal untuk mewujudkan Depok sebagai kota bersih dan hijau. 

Selain itu dapat menjalin kerja sama antara pihak masyarakat termasuk pemuda dengan pihak sekolah dalam membangun karakter cinta lingkungan pada anak khususnya penghijauan. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014