Sukabumi, (Antaranews Bogor) - Sebanyak 444 calon jamaah haji rombongan pertama asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diberangkatkan dan dilepas langsung oleh Bupati Sukabumi Sukmawijaya dari Batalton Armed Cikembar.

"Rombongan haji ini rencananya akan langsung ke Pondok Asrama Haji di Bekasi dan rencananya akan diberangkatkan dan bergabung dengan kelompok haji dari daerah lain di kloter II Jakarta," kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Yudi Panca Yoga kepada Antara, Senin.

Menurut Yoga, jumlah total calon jamaah haji yang akan diberangkatkan pada tahun ini mencapai 1.333 orang sesuai kuota yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat. Untuk rombongan kedua rencananya akan diberangkatkan pada Kamis, (4/9) dari Yon Armed.

Lebih lanjut, untuk rombongan kedua tersebut akan bergabung dengan kloter 10 di embarkasi Jakarta. Sebelum diberangkatkan, para calon haji ini diberikan bimbingan baik oleh pemkab, Kantor Kementerian Agama dan juga akan dibimbing oleh petugas yang telah ditunjuk.

"Kami berharap seluruh calon haji ini bisa melaksanakan ibadahnya dengan khusyuk, lancar dan juga kembali lagi ke Kabupaten Sukabumi dengan selamat tanpa berkurang jumlahnya. Kami juga mengimbau agar selalu menjaga kesehatan dan keamanan setelah tiba di tanah suci Mekkah, Arab Saudi," tambahnya.

Sementara, Kepala Bagian Bina Keagamaan Pemkab Sukabumi, Ali Iskandar mengatakan ribuan calon haji tersebut akan diberangkatkan melalui empat kloter secara bergelombang. Untuk pemberangkatan pertama, kedua dan ketiga akan diberangkatkan melalui Yon Armed dan keempat atau terakhir di Islamic Center Cisaat.

"Kami juga mengimbau kepada keluarga yang mengantar keluarganya yang akan beribadah di tanah suci tidak perlu mengantarnya dengan membawa iring-iringan kendaraan, karena selain macet juga bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014